Menteri Agama : Awal Ramadhan 1439 H Jatuh pada 17 Mei 2018 Hari Kamis

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menggelar sidang isbat. Hasilnya, pemerintah menetapkan awal Ramadhan 1439 Hijriah pada Kamis 17 Mei 2018.

“Seluruh peserta sidang bersepakat bahwa 1 Ramadan 1439 Hijriyah jatuh pada hari Kamis 17 Mei tahun 2018. Selamat menjalankan ibadah puasa,” ucap Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin beberapa saat lalu.

Bacaan Lainnya

Proses sidang Isbat penentuan awal puasa Ramadhan 2018 dilaksanakan di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta, Selasa (15/4) mulai pukul 16.00 WIB.

Proses sidang Isbat diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1439H.

Hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab, posisi hilal awal Ramadan 1439 Hijriyah dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadan 1439 H.

Sidang isbat tersebut berlangsung tertutup, seperti pada sidang isbat awal Ramadan dan awal Syawal tahun lalu.

Sidang isbat dihadiri sejumlah Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Selin itu, hadir pula perwakilan Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sebelum menggelar sidang isbat, Kementerian Agama menurunkan sejumlah pemantau hilal Ramadan 1439H di seluruh provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait setempat.
(one/pojoksatu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *