Telkomsel Bangun 12.000 BTS Multi-band LTE

SUKABUMI – Dalam upaya memberikan kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan pada periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini, Telkomsel telah meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis jalur mudik dan pusat-pusat keramaian publik. Secara khusus, Telkomsel membangun 12.000 Base Transceiver Station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia, untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.
Periode RAFI merupakan momen spesial bagi masyarakat Indonesia. Jutaan orang melakukan ibadah puasa Ramadan dan ritual pulang kampung halaman, pada saat Idul Fitri yang dikenal dengan mudik. Selain mudik, masyarakat Indonesia juga memanfaatkan periode tersebut, untuk berlibur bersama keluarga dan kerabat.
“Bagi Telkomsel, periode RAFI menjadi momentum yang istimewa, di mana keandalan jaringan dan layanan Telkomsel yang sesungguhnya diuji,” kata Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah kepada Radar Sukabumi.
Pada periode tersebut, umumnya penggunaan layanan komunikasi lebih tinggi dibanding hari biasa. Untuk itu, sejak jauh-jauh hari, Telkomsel menggelar berbagai persiapan dari sisi infrastruktur maupun produk dan layanan.
“Agar pelanggan tetap bisa menikmati layanan, dengan nyaman pada saat periode RAFI,”tuturnya.
Pada RAFI tahun ini, Telkomsel memperkirakan terjadi lonjakan trafik layanan data sebesar 40 persen, dibandingkan hari normal, bahkan sekitar 137 persen jika dibandingkan periode RAFI tahun lalu. Hal tersebut sangat mungkin terjadi, karena perilaku komunikasi pemudik maupun wisatawan di Indonesia kini didominasi penggunaan layanan data.
Tingginya penggunaan layanan data, antara lain dipicu seringnya pelanggan mengunggah foto dan video aktivitas di lokasi mudik dan wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan.
Di samping itu, pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi dan direktori kuliner, penginapan dan beragam aktivitas seni dan budaya yang bisa dilakukan di lokasi mudik dan wisata, serta menikmati berbagai layanan hiburan digital seperti video, musik, dan games.
Di sisi lain, trafik layanan suara diperkirakan akan turun sekitar 8-9 persen dibanding hari normal. Sedangkan trafik layanan SMS cenderung stagnan, tidak mengalami perubahan yang signifikan dibanding hari biasa. Hal ini sudah diprediksi sebelumnya. Mengingat perilaku pelanggan yang kini semakin fasih dan intensif dalam menggunakan berbagai aplikasi dan layanan digital, yang mengakibatkan turunnya intensitas penggunaan layanan suara maupun layanan SMS.
Ditegaskan pria tegas ini, kualitas jaringan merupakan prioritas utama Telkomsel, dalam mengantisipasi tingginya penggunaan layanan komunikasi pada periode RAFI.
“Dengan mengimplementasikan 12.000 BTS 4G di seluruh pita frekuensi, kami menjamin pelanggan dapat menikmati pengalaman menggunakan layanan broadband secara optimal dan prima,” jelas Ririek.
Dari 12.000 BTS 4G tersebut, 26 persen di antaranya menggunakan frekuensi 2.300 MHz, 8 persen di pita frekuensi 2.100 MHz, 60 persen di pita frekuensi 1.800 MHz, dan 5 persen di pita frekuensi 900 MHz. Pita frekuensi 1.800 MHz merupakan pita frekuensi utama, untuk menggelar layanan LTE. Pita frekuensi 900 MHz difokuskan untuk melayani wilayah-wilayah tidak padat penduduk yang dapat menghasilkan jangkauan layanan lebih luas.
“Pita frekuensi 2.100 MHz dimanfaatkan untuk menghadirkan layanan tambahan LTE,”ulasnya.
Sementara pita frekuensi 2.300 MHz, dimaksimalkan sebagai solusi layanan di wilayah-wilayah dengan kepadatan penduduk yang tinggi.
Di samping membangun belasan ribu BTS 4G di seluruh pita frekuensi, Telkomsel juga menambah kapasitas jaringan pada 579 BTS 4G, mengoperasikan 73 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet 66 persen dari kapasitas existing menjadi 3.288 Gbps. Menambah kapasitas sistem IT untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.
“Jalan tol yang merupakan jalur utama yang selalu padat saat mudik, juga menjadi fokus pengamanan jaringan Telkomsel,”imbuhnya.
Tidak hanya itu, sebanyak 16 ruas tol utama di Sumatra dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, sudah dilayani 2.226 BTS, termasuk 666 BTS 4G.
Untuk memastikan kenyamanan berkomunikasi pelanggan, Telkomsel telah menggelar drive test rutin di berbagai titik, dengan kepadatan trafik komunikasi tertinggi dengan total jarak tempuh lebih dari 10.000 kilometer. Ada pun parameter pengukuran yang digunakan, adalah kekuatan daya pancar dan daya terima handset (Coverage), tingkat kesuksesan akses jaringan (Call Setup Success Rate/CSSR), tingkat kontinuitas panggilan (Call Completion Success Rate/CCSR), lamanya waktu pembangunan panggilan (Call Setup Time/CST), kualitas suara (Mean Opinion Score/MOS), dan kecepatanakses data(Data Throughput). Secara umum drive test yang dilakukan, memberikanhasil yang baik. di mana angka rata-rata CSSR 99,30 persen, CCSR 99,38 persen, CST 6,42 detik, MOS 94,19 persen, Data Throughput 8.779 kbps.
Dari sisi produk dan layanan, Telkomsel berupaya menjaga ketersediaan kartu perdana dan layanan isi ulang pulsa, sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang biasanya meningkat pada periode RAFI. Telkomsel juga menggelar posko layanan di 772 titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata utama (Point of interest). Meliputi bandar udara, terminal bus, stasiun kereta, dermaga, rumah sakit, area padat populasi, pasar tradisional dan mall. Selain itu, seluruh kanal pelayanan existing Telkomsel, juga bersiaga melayani pelanggan, diantaranya 83 GraPARI Telkomsel Siaga dan 349 GraPARI Mitra Siaga, 761 Mobile GraPARI yang terdiri dari 592 armada mobil dan 169 armada motor, 98 unit layanan digital self-service MyGraPARI, 359 kantor pelayanan mitra distributor dan 3.779 Outlet Siaga.
Pelanggan dan masyarakat juga dapat memperoleh informasi produk, fitur, serta layanan Telkomsel denganmenghubungi Call Center 188 atau mengakseskanal digital Telkomsel, mulai dari websitetelkomsel.com, aplikasi myTelkomsel, layanan GraPARI Virtual (virtual assistance melalui LINE, Facebook Messenger, Telegram), e-mail [email protected], serta akun Facebook dan Twitter Telkomsel.
Di samping itu, Telkomsel pun mengadakan berbagai program spesial bagi pelanggan berupa penukaran Telkomsel POIN dan aktivasi layanan berhadiah spesial, pameran penjualan paket bundling Ramadan Fair di 13 kota, serta program mudik bareng. Pelanggan juga dapat menikmati beragam layanan spesial RAFI, berupa paket layanan data, suara, dan SMS; layanan digital lifestyle; TCASH; digital advertising; serta mobile banking.
Kenyamanan pelanggan Telkomsel dalam berkomunikasi di periode RAFI 2018, didukung lebih dari 167.000 BTS di seluruh Indonesia, termasuk lebih dari 35.000 BTS 4G, untuk memaksimalkan penggunaan layanan data.(*/sri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *