UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Menjawab Pertanyaan, Mengapa Teknik Sipil Populer di Kalangan Mahasiswa

“Banyak alumni Teknik Sipil Universitas Nusa Putra yang sudah bekerja, baik di dalam maupun luar negeri.”

Teknik sipil merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, dan mem­bangun. Serta merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.

Teknik sipil mempunyai ruang lingkup luas di dalamnya, ada pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, dan lingkungan hingga komputer, mempunyai peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar.

“Lulusan teknik sipil dapat memilih untuk mengambil spesialis di berbagai bidang studi baik dari rekayasa struktural,  teknik lingkungan, hingga nanoteknologi,” ungkap Dosen sekaligus Kepala Prodi Teknik Sipil Universitas Nusa Putra (NPU) Paikun, ST, MT kepada Radar Sukabumi.

Menurut Paikun, luas­nya bidang teknik sipil yang menjamin banyak­nya pilihan karir, membuat mata kuliah ini menjadi pilihan populer di kalangan mahasiswa.

Telah Berdiri Belasan Tahun

Dibeber Paikun lebih jauh, perkembangan Program Studi (Prodi) Teknik Sipil sejak pertama kali dibuka hingga tahun 2018  ini, sudah 11 tahun berjalan, dan semakin membaik.

Hal itu dibuktikan secara institusi sudah mendapat Akreditasi B atau Baik Sekali dari BAN-PT.

“Buktinya, ba­nyak alumni Teknik Sipil Universitas Nusa Putra yang sudah bekerja, baik di dalam maupun luar negeri,” ungkap Paikun di ruang kerjanya, lantai 5 Gedung A Kampus NPU.

Keunggulan Teknik Sipil NPU

Sementara itu, ketika ditanya me­ngenai keunggulan Prodi Teknik Sipil, Universitas Nusa Putra, selain sudah terakreditasi Baik Sekali BAN-PT, Prodi yang di­pimpinnya juga memiliki ba­nyak keunggulan.

“Selain ahli dalam bi­dang struktur teknik sipil, juga menguasai arsitektur. Bisa dilihat dari hasil disain arsitektur mahasiswa teknik sipil,” pungkasnya, seraya memperlihatkan contoh-contoh karya mahasiswanya, Rizky Iqbal Rahmatullah Saepudin Putra dan Fajar Maulana.

KATA
ALUMNI

Kuliah di Nusa Putra sangat menyenangkan, komunikasi antara dosen dan mahasiswa begitu dekat, hangat, dan masih ada hormat. Sangat membuat nyaman.

Selain itu, selalu ada hal-hal baru yang didapatkan selama kuliah, selalu mengesankan ketika kita mendapatkan pelajaran baru dari dosen, serta  mendapatkan motivasi agar fokus kuliah.

Harapan saya dosen Univesitas Nusa Putra ke depannya tetap bisa menjaga hubungan baik dengan mahasiswa, serta dapat meningkatkan kembali cara mengajar yang efektif.

Pesan saya kepada adik-adik mahasiswa, jangan puas dengan ilmu yang kalian dapat di dalam kelas, carilah relasi dan ilmu di luar, seperti mengikuti kegiatan-kegiatan organisasi, ikatan mahasiswa, dan sebagainya.

Bagi saya, kuliah di Universitas Nusa Putra sangat menyenangkan. Saya bangga menjadi alumni dan tidak akan terlupakan. Dosen-dosennya yang baik, dan program studi yang memberi tantangan tersendiri dalam menimba ilmu sampai semester akhir.

Harapan saya untuk Universitas Nusa Putra ke depannya yaitu, dapat go internasional. Satu Kampus, Satu Favorit, Satu Sukabumi.

Sedikit saja pesan saya untuk adik-adik mahasiswa-mahasiswi yang sedang menimba ilmu di Universitas Nusa Putra, mencari kerja itu berat dan tidak mudah. Untuk itu belajarlah dengan sungguh-sungguh, agar mendapat ilmu yang bermanfaat. Karena kelak kalianlah yang akan memetik hasilnya sendiri.

Sukses untuk kita semua. Sukses untuk Universitas Nusa Putra.

Teknik Sipil NPU, Berdaya Saing Tinggi Berakar pada Kearifan Lokal

Dengan visi mentereng yakni, menjadi program studi (Prodi) yang unggul dan inovatif dalam penyelenggaraan pendidikan di bidang teknik sipil yang memiliki daya saing tinggi dan berakar pada nilai-nilai kearifan lokal, tentunya Prodi Teknik Sipil Universitas Nusa Putra (NPU) layak percaya diri mematok target tinggi bagi mahasiswa lulusannya yakni, mampu menghadapi era perdagangan global pada tahun 2030.

Pada sisi lain, dengan dukungan gedung kampus yang representatif serta dosen-dosen berkualitas lulusan perguruan tinggi ternama, NPU memasang misi untuk menyelenggarakan sistem pendidikan dan pengajaran di bidang teknik sipil untuk mengembangkan keilmuan berbasis kepada transformasi zaman. Sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif.

“Selain itu, juga melaksanakan penelitian untuk menghasilkan karya yang memiliki daya saing tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional, dengan cara mengembangkan dan mengintegrasikan perkembangan keilmuan teknik sipil terhadap nilai-nilai kearifan lokal dan peradaban bangsa,” ungkap Kepala Prodi Teknik Sipil NPU Paikun, ST, MT kepada Radar Sukabumi.

Ini Beda Mata Kuliah Teknik Sipil NPU dengan PT Lain

Mata kuliah teknik sipil mempunyai ruang lingkup luas, di dalamnya ada pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, dan lingkungan hingga komputer. Selain itu, mata kuliah ini juga mempelajari tentang cara merancang­bangun serta merenovasi gedung dan infrastruktur.

Pada umumnya mata kuliah teknik sipil meliputi mekanika teknik, gambar teknik, mekanika tanah, ilmu ukur tanah, dan pemindahan tanah mekanis. Selain itu, dipelajari juga struktur fondasi, bangunan, jalan dan jembatan, hingga beton, baja, dan kayu agar tahan guncangan gempa.

Ilmu teknik sipil, dalam perkembangannya juga sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya. Sehingga, bisa dikatakan ilmu ini mampu mengubah sebuah hutan menjadi kota besar.

Tentu tidak mengherankan jika kemudian dalam teknik sipil juga dipelajari mengenai perencanaan proyek dan kontrol, manajemen proyek konstruksi, analisa mengenai dampak lingkungan, perencanaan transportasi,
teknologi bahan konstruksi, hingga aplikasi komputer dan ekonomi teknik.

Di Universitas Nusa Putra (NPU) sendiri, menurut Paikun, memiliki mata kuliah unggulan dalam Prodi Teknik Sipil. Seperti di antaranya mata kuliah gambar teknik, aplikasi komputer teknik, manajemen konstruksi, dan transportasi.

“Hal itu yang menjadi pembeda mata kuliah Teknik Sipil di Universitas Nusa Putra dengan di perguruan tinggi lain, karena di sini, selain menguasai ilmu teknik sipil juga menguasai arsitek,” pungkas Paikun.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close