Pembayar Pajak Kendaraan Bermotor lebihi target

CIKOLE– Pembayaran pajak kendaraan bermotornya (PKB) di Kota Sukabumi, kembali melebihi target. Dari jumlah PKB di Kota Sukabumi sebanyak 130 ribu, terdapat 40 persen menunggak pembayaran sejak tahun 2017 hingga saat ini atau sebanyak 52.000. Artinya, pada tahun 2018, Kantor Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah (KCPPD) Provinsi Jawa Barat Wilayah Kota Sukabumi melakukan capaian 78.000 pembayaran pajak bermotor atau 60 persen.

“Dari sisa yang belum membayar pajak atau sekitar 52.000, di triwulan pertama tahun ini sudah mencapai 25 persennya. Bahkan kita optimis bisa mencapai 50 persen pembayaran pada triwulan kedua,” ujar Kepala KCPPD Provinsi Jawa Barat Wilayah Kota Sukabumi, Iwan Juanda kepada Radar Sukabumi, belum lama ini. ”Insya Allah semua target bisa kita lampaui seperti ditahun sebelumnya,”sambungnya.

Bacaan Lainnya

Disinggung soal bagi hasil pajak PKB demgam Pemkot Sukabumi, Iwan mengaku, pada tahun 2017 lalu Pemkot Sukabumi mendapatkan sekitar Rp56 miliar. Hal itu sesuai dengan aturan yang ada, dimana untuk provinsi 70 persen dan daerah 30 persen. ”Mudah-mudahan di tahun ini bisa lebih dari angka itu, karena bagi hasil pajak itu disesuiakan dengan capaian target PKB sendiri,”akunya.

Untuk itu lanjut dia, untuk menarik PKB di masyarakat yang belum bayar, pihaknya bersama Pemkot Sukabumi melakukan pola kerjasama dengan membentuk tim penelusur PKB. Tim ini akan menagih langsung ke masyarakat yang belum bayar PKB nya dan ini sudah berjalan setahun lebih. ”Tim penelusur itu bukan hanya mendata saja, tapi langsung menagih,’terangnya.

Sementara itu Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Sukabumi Yayat menjelaskan, jika anggaran bagi hasil dari PKB itu tidak bisa digunakan sembarang atau di pos-poskan ke kegiatan lain. “Itu tergantung kepada Tim Anggaran pendapatn Daerah (TAPD). Tapi yang jelas dana dari pajak itu kembali lagi ke masyarakat seperti perbaikan jalan,” terangnya.

Disamping itu, Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat Siti Nurhuda mengapresiasi capaian yang dilakukan KCPPD Provinsi Jawa Barat Wilayah Kota Sukabumi bersama BPKD Kota Sukabumi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *