Waspadai Virus Ende

SUKABUMI – Menghadapi perubahan musim saat ini, para peternak di Kabupaten Sukabumi dihimbau agar mewaspadai gangguan penyakit yang dapat menyerang hewan ternak. Dengan cuaca cepat mengalami perubahan seperti sekarang, akan dapat menyebabkan hewan ternak terserang virus ende.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Iwan Karmawan mengatakan, apabila intensitas hujan semakin meningkat, dalam waktu singkat bisa menyebabkan terjadinya kelembaban.

Hal ini dapat memicu berkembangnya bibit penyakit yang menyerang hewan ternak. Sementara, pada musim kemarau, kekuatan fisik hewan bisa menurun, apalagi jika pola makannya tidak teratur karena sulitnya mencari pakan dan kurangnya asupan vitamin.

“Virus yang menyerang pada musim pancaroba ini meneror hewan ternak, seperti ayam. Seperti penyakit ende, yang dapat menyebabkan hewan ternak mati mendadak,” jelas Iwan kepada Radar Sukabumi, Kamis (5/4).

Mengantisipasi penyebaran virus ende ini, sambung Iwan, warga maupun para pelaku usaha ternak ayam agar selalu menjaga pola kebersihan dan pakan hewannya. Sehingga kekebalan tubuh hewan tersebut dapat meminimalisir dari segala jenis penyakit.

“Selain itu, jangan lupa melakukan vaksinasi secara rutin terhadap hewan ternak. Sebab jika terlambat melakukan vaksin, pasti hewas ternaknya banyak yang mati secara mendadak,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *