Melirik Kehidupan Masyarakat CPUGG

Kehidupan masyarakat Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi yang kini kerap dijadikan sentral kegiatan penyambutan status Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG) terlihat perubahannya. Terutama bagi warga yang memiliki rumah layak huni yang tak jauh dengan teluk Pantai Palangpang yang memiliki keindahan pantai, bebatuan dan curugnya.

PERLI RIJAL, SUKABUMI

Bacaan Lainnya

Sebanyak 80 dari 102 Home Stay yang tergabung dalam Ikatan Home Stay Ciletuh (IHC) pemiliknya merupakan eks Tenaga Kerja Wanita (TKW) di negara timur tengah.

Seperti Ny Ipah Saripah (45) warga Kampung Cimarinjung RT 1/9, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas.

Ibu anak empat ini sudah enam kali bolak balik menjadi TKW di Arab Saudi. Jika ditotalkan, ia bekerja di negeri onta itu selama 13 tahun lamanya. Dengan bekerja di luar negeri tentu untuk memenuhi bekal hidup dan pendidikan anak-anaknya.

“Setelah sekarang ramai menjadi Ciletuh Geopark, saya punya penghasilan tambahan setiap minggunya. Makanya sekarang ga ada niat untuk berangkat lagi ke Saudi,” aku Ipah di sela-sela kunjungan dari Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Selasa (17/4).

Rumah-rumah warga itu kini menjadi home stay setiap kali ada kunjungan wisatawan. Ketua IHC, Yudi Mulyadi menyebutkan, pendapatan perkapita masyarakat Ciletuh meningkat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *