Bupati Pun Blusukan

PALABUHANRATU – Bupati Sukabumi, Marwan Hamami turut serta ‘blusukan’ bersama orang nomor satu di Indonesia, Joko Widodo. Seperti saat meninjau dua proyek pemerintah pusat di Desa Pasirsuren, Kecamatan Palabuhanratu, kemarin. Dalam kesempatan tersebut, Bupati didampingi wakilnya, Adjo Sardjono juga Sekda Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, dua proyek yang ditinjau langsung Presiden itu ialah proyek dari Kementerian PU dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Desa Pasir Suren, Kecamatan Palabuhanratu dan proyek dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ialah pembangunan pondok wisata di Kampung Tegallega Pasir, Desa Citarik, Kecamatan Palabuhanratu.

Bacaan Lainnya

Adapun proyek padat karya tunai dari Kementerian PUPR adalah pembangunan irigasi kecil. Luas area sawah mencapai 125 hektar dan merupakan bagian dari daerah irigasi Cigobang.

Adapun panjang irigasi yang dibangun adalah 600 meter dengan rincian 60 meter pasangan batu dan 570 meter normalisasi dan peninggian tanggul. Proyek yang bernilai Rp225 juta ini dikerjakan oleh 70 pekerja dengan lama pengerjaan 50 hari.

Sementara proyek dari Kementerian Desa adalah pembangunan pondok wisata. Ada 6 unit pondok wisata yang dibangun. Proyek senilai Rp89 juta ini menggunakan anggaran dari Dana Desa tahun anggaran 2018. Adapun lama pengerjaan diperkirakan selama 25 hari kerja dengan total upah pekerja sebesar Rp28,3 juta.

“Semoga dengan adanya proyek, kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,” ujar Bupati Sukabumi, Marwan Hamami.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan, ia bersama rombongan datang ke Sukabumi untuk ngecek padat karya tunai yang ada di Kabupaten Sukabumi. Menurutnya, di Jawa Barat sendiri ada 711 titik proyek padat karya tunai dengan total anggaran mencapai Rp159 milyar.

Selain tujuannya untuk membangun desa, proyek padat karya tunai juga menyerap banyak tenaga kerja. “Ada 100 sampai 200-an pekerja di setiap titik. Tinggal dikalikan saja dengan jumlah titik proyek,” tukas Presiden. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *