Mahasiswa Keperawatan Praktik Klinik Keperawatan

SUKABUMI – Ratusan mahasiswa D3 Keperawatan Tingkat III Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Sukabumi, melaksanakan Praktik Klinik Keperawatan (PKK), kemarin(4/4) pagi.

Mereka ikut seleksi di aula kampus yang berlokasi di Jalan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, sebelum PKK di rumah sakit (RS) di Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Ketua Departemen Keperawatan Maternitas STIKES Sukabumi Susilawati mengatakan, sebanyak 113 mahasiswa mengikuti ujian seleksi ini.

“Praktik ini merupakan hal wajib dalam proses pembelajaran dan sebagai rangkaian kegiatan praktik di RS,”tutur Susilawati kepada Radar Sukabumi.

PKK dinilai mampu mengasah keterampilan, pengalaman dan menambah wawasan para mahasiswa keperawatan. Sekaligus mampu menghadapi persaingan dalam memasuki dunia kerja.

“Kegiatan ini wajib bagi mahasiswa yang akan melaksanakan PKK di RS, tahun ini rumah sakitnya itu RS Sekarwangi jadi sebelum melaksanakan praktik kita ada ujian seleksi terlebih dahulu,”katanya.

Wanita yang akrab disapa Susi ini menjelaskan, praktik di RS bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman nyata dan berlatih menghadapi pasien sebagai individu, keluarga maupun anggota masyarakat. Juga mampu memberikan asuhan keperawatan dalam rangka memenuhi kebutuhan pasien dengan menerapkan proses keperawatan.

“Untuk soal dibuat langsung oleh RS bersangkutan, ini untuk target keperawatan maternitas, keperawatan anak dan bedah,” terangnya.

Susi ingin para mahasiswa yang lulus seleksim bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di kampus saat sedang praktik di RS nanti.

Sementara itu, salah satu mahasiswi yang baru saja mengikuti pre test, Sindy Tria Oktaviani dan Siska Gustia mengaku baru pertama kali mengikuti ujian. Keduanya nampak percaya diri saat mengerjakan soal-soal.

“Alhhamdulillah tadi lancar ngerjain soalnya, cuman ada sedikit gangguan di jaringan internetnya saja,”tutupnya.(wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *