7 rudal Yaman Hantam Arab Saudi

YAMAN – Pasukan Yaman menembakkan 7 rudal Balistik ke Arab Saudi. Rudal itu diluncurkan sebagai langkah pembalasan terhadap agresi Arab Saudi.

Rudal balistik tersebut diluncurkan beberapa jam jelang 3 tahun agresi militer Arab Saudi kepada Yaman, Senin (26/03).

Bacaan Lainnya

Tujuh rudal tersebut ditembakkan ke beberapa wilayah strategis Arab Saudi, seperti Bandara King Khalid di Riyadh, Bandara Abha, Najran, Jizan dan Khamis Musait.

Meski rudal balistik berhasil ditembak jatuh sistem pertahanan udara Arab Saudi, namun serangan itu tetap memakan korban. Serangan ini menewaskan seorang pria.

Inilah pertama kalinya rudal Yaman yang ditembakkan ke Arab Saudi memakan korban jiwa. Korban yandiketahui merupakan warga Mesir yang tinggal di Riyadh.

Juru bicara koalisi Kolonel Turki al-Maliki mengatakan, puing-puing dari rudal Yaman yang ditembak jatuh mendarat di sebuah rumah di Riyadh. Puing-puing itulah yang menewaskan seorang warga asal Mesir dan melukai dua warga Mesir lainnya.

Wartawan Reuters di Riyadh mengaku mendengar beberapa ledakan dan melihat asap di udara. Saksi lain juga mengaku melihat kilatan cahaya panjang yang diikuti dengan ledakan.

Di kawasan al-Malqa, personel darurat berkumpul di dekat sebuah kawah dan memeriksa pecahan kaca di rumah-rumah terdekat.

Serangan rudal dari Houthi Yaman ini tercatat yang ketiga kalinya dalam lima bulan terakhir.

Kantor berita SABA yang dikelola Houthi melaporkan pasukan misil kelompok itu telah menargetkan Bandar Udara Internasional King Khalid di Riyadh dengan rudal Burkan H2.

Kelompok itu juga menembakkan jenis-jenis rudal lain di beberapa bandara di Jizan, Najran dan Abha.

Hari ini, 26 Maret 2018, genap tiga tahun agresi terus-menerus Arab Saudi atas Yaman yang dimulai sejak Maret 2015 dalam upaya untuk menghancurkan gerakan rakyat Houthi Ansarullah dan mengembalikan mantan presiden, Abd Rabbuh Mansur Hadi, yang merupakan sekutu setia rezim Riyadh.

Lebih dari 14.000 orang tewas sejak awal kampanye. Sebagian besar infrastruktur negara Semenanjung Arab itu, termasuk rumah sakit, sekolah dan pabrik, telah menjadi puing-puing akibat perang.

Berikut detik-detik video Rudal Yaman ditembakkan ke Arab Saudi:

(reuters/spa/pojoksatu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *