Aqua Akui Kelebihan Muatan

Menurut Bakti, ketetapan muatan tentunya sudah ada aturan yang telah ditetapkan. Jika suatu perusahaan tidak menaatinya, tentu ada konsekuensi yang harus diterima pihak perusahaan. “Kami mendesak supaya pemerintah turun tangan untuk memastikan itu,” imbuhnya singkat.

Sebelumnya telah diberitakan, kendaraan pengangkut air mineral Aqua di Kecamatan Cicurug diduga melebihi kapasitas yang telah diizinkan pemerintah. Dampaknya, perlintasan jalan nasional di wilayah Sukabumi yang dilalui kendaraan raksasa ini cepat rusak.

Bacaan Lainnya

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, kendaraan pengangkut galon Aqua ini berjumlah 300 unit pada satu rekanan. Sedangkan saat ini, jumlah rekanan Aqua ada lima perusahaan, yakni PT BAP, PT MRT, PT TU, PT HGS dan PT GSM. Dalam teknisnya, masing-masing angkutan hanya diizinkan membawa 900 galon.

Namun faktanya, setiap armada angkutan dipaksakan membawa 1.440 galon. Artinya, ada kelebihan muatan yang diangkut armada pada setiap pengiriman.

Dilihat jdari jumlah tersebut, satu galon besar Aqua berisi 19 liter, sedangkan satu liter airnya sama dengan satu kilogram. Artinya, jika satu armada memuat galon berdasarkan aturan yang ditetapkan, seharusnya mereka mengangkut 900 galon atau setara 17.100 kilogram. Namun bila 1.440 galon, bebannya berarti 27.360.

Artinya ada selisih sampai 10.260 kilogram, belum ditambah beban kendaraan. Tentu ini ada over kapasitas yang berdampak terhadap kondisi jalan. (Cr15/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *