26 Warga Dilatih Siaga Bencana

NYALINDUNG – Puluhan warga Desa Neglasari, Kecamatan Nyalindung mengikuti pelatihan tenaga relawan penanggulangan bencana alam. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah dan memperdalam pengetahuan warga dalam hal penanggulangan bencana alam.

Seorang anggota relawan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Nyalindung, A. Ahmad mengatakan, bencana alam saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehari-hari, sehingga diperlukan adanya suatu pemahaman, kesadaran dan kepedulian semua pihak tentang perlunya upaya penanganan bencana yang dimulai sebelum, saat dan sesudah bencana terjadi, baik itu banjir, longsor, kabakaran dan lainnya.

“Melalui pelatihan ini diharapkan warga akan memiliki keterampilan dalam menanggulangi bencana yang terjadi,” jelas A. Ahmad kepada Radar Sukabumi, di sela-sela memberikan pemahaman kepada puluhan peserta simulasi bencana yang diselenggarakan di Lapang Desa Neglasari, Kamis (22/3).

Penanganan bencana ini, ujar A. Ahmad, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, tetapi semua pihak juga harus berperan aktif dalam penanggulangannya. Salah satu tanggung jawab dalam kesiapsiagaan adalah dengan pelaksanaan simulasi bencana. Untuk itu, seluruh peserta diharapkan serius mengikuti pelatihan, sehingga dapat menumbuhkan keterampilan dan kemampuan dalam menanggulangi bencana.

“Apalagi, untuk wilayah Desa Neglasari ini, sangat rentan terjadi bencana alam. Salah satunya bencana longsor,” paparnya.

Kepala Desa Neglasari, Asep Saepudin mengatakan, simulasi bencana alam ini bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *