Usul Jokowi Masih Dikaji BCA

JAKARTA – Presiden Joko Widodo menantang perbankan Indonesia untuk mengucurkan kredit pendidikan, atau dikenal dengan istilah student loan di Amerika Serikat. Menanggapi hal ini, Direktur Transaksi Perbankan BCA Santoso melalui pesan singkat pada Senin (19/3), menyatakan masih akan mengkaji usulan tersebut.

“Kami akan mempelajari usulan Bapak Presiden dan tentunya itu butuh pengkajian dan juga perizinan produk baru. Selama ini sebenarnya ada produk multiguna yang bisa digunakan untuk pembiayaan pendidikan,” kata Santoso.

Ia melanjutkan, produk multiguna yang selama ini digunakan untuk pembiayaan pendidikan belum ada kendala dan masih memadai.

“Sejauh ini sih masih memadai ya, dan yang terpenting adalah kemampuan nasabah dalam mengangsur,” katanya.

Selain BCA, Tirto juga mencoba menghubungi beberapa perwakilan bank lain, di antaranya Corporate Secretary BNI Ryan Kiryanto, Sekretaris Perusahaan BRI Bambang Tri Baroto, untuk meminta tanggapan, namun belum mendapatkan respons.

Usulan Presiden soal kredit pendidikan ini berkaca pada AS yang mampu mengeluarkan student loan lebih besar dari total pinjaman kartu kredit. Presiden menilai perbankan Indonesia juga bisa melakukannya untuk memperbaiki taraf pendidikan bangsa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *