Ini Penyebab Ekspor RI Tertinggal Jauh dari Negara Tetangga

Sektor ekspor dan investasi Indonesia saat ini masih tertinggal dengan negara-negara tetangga lainnya, seperti Vietnam maupun Malaysia. Salah satu penyebabnya, minimnya Free Trade Agreement (FTA) antara Indonesia dengan negara lain.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss merangkap Liechtenstein, Muliaman Darmansyah Hadad mengatakan, hal tersebut menjadi kendala kinerja ekspor Indonesia. Pasalnya, tidak adanya referensi tarif terhadap barang-barang ekspor dan investasi Indonesia terhadap negara lain.

Bacaan Lainnya

“Vietnam banyak sekali melakukan FTA dengan banyak negara, sehingga dia punya referensial tarif. Kita agak seret,” jelasnya di Menara Kadin, Jakarta, Senin (5/3).

Dengan demikian, kata Muliaman, Presiden memberi mandat agar duta besar berperan besar dalam menyelesaikan FTA yang telah dicanangkan sebelumnya.

“Sehingga, mendorong ekspor kita adalah dengan memfinalisasi dan akselerasi penyelesaian agreement itu, agar bisa membuka payung referensi tarif untuk daya saing kita,” imbuhnya.

Selain itu, Muliaman juga memberi gambaran, kendala kesepakatan FTA yang terjadi di Swiss. Swiss menjadi salah satu negara yang sangat membutuhkan untuk sektor vokasi. Sehingga, keinginan mereka untuk memberikan investasi di sektor vokasi Indonesia tidak pernah terlaksana.

“Dengan Swiss misalnya, banyak yang bisa dilakukan dan sudah berjalan sebenarnya, namun belum efektif. Pendidikan vokasi di sana yang banyak diminati adalah di bidang pertanian, perikanan, serta hospitality industries. Kegiatan vokasi ini banyak di sana. Karena di negara maju, vokasi sudah menjadi bagian dari pola edukasinya. Banyak yang masuk vokasi, setelah SMA dan tidak masuk ke universitas,” tegasnya.

Muliaman berharap, jika FTA dapat terselesaikan, maka potensi ekspor dan investasi Indonesia bisa terdorong meningkat. “Maka, kita punya daya saing di sana, apakah dengan investasi atau ekspor,” tandasnya.

(mys/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *