Mengenal Apa Itu Kanker?

Di zaman sekarang siapa yang tidak mengenal istilah kanker? Banyak diberitakan di media media cetak, elektronik maupun online. Orang penting seperti artis dan pejabat pemerintahan menderita kanker, bahkan semua orang memiliki risiko terkena kanker. Tapi tahukah kita apa itu sebenarnya kanker?

Definisi kanker secara umum adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal, dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Sehingga dapat menyebabkan kematian.

Bacaan Lainnya

Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis tumor ganas. Kanker ini dapat menyerang seluruh sel-sel dalam tubuh, baik dari ujung rambut sampai ujung kaki pada mahluk hidup khususnya manusia.

Penyebab terjadinya kanker pun sampai saat ini mulai banyak diketahui, mulai dari pola hidup dan pola makan yang tidak sehat dan seimbang, kelainan genetik, ganguan sistem imun, lingkungan (sering terpapar zat kimia/radioaktif), akibat suatu infeksi, akibat merokok dan meminum minuman alkohol, dan untuk menengakan diagnostik seseorang menderita kanker diperlukan anamnesa, pemeriksaan fisik, tes laboratorium, tes pencitraan dansuatu tindakan pengambilan jaringan yang diduga sel kanker dan akan di periksa secara patologi anatomi oleh dokter ahli.

Kanker dapat menyerang laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda, ada 5 jenis kanker menurut yayasan kanker Indonesia yang sering menyerang orang Indonesia adalah kanker paru-paru, kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat, kanker kolerektal (anus).

Sepertiga dari kejadian kanker dapat dicegah, Menurut WHO, sebanyak 30% kejadian kanker sebenarnya dapat dicegah. Kanker yang disebabkan oleh faktor gen atau keturunan hanya mencapai 5-10 persen dari total kasus kanker yang Ada.

Selebihnya, kanker terjadi akibat berbagai faktor lingkungan, seperti infeksi, polusi, dan gaya hidup. Pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker adalah melarang penggunaan tembakau dan merokok. Merokok merupakan alasan utama penyebab kanker, sebesar 70% kasus kanker paru disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Bagaimana penangan terbaik jika seseorang diketahui menderita kanker?

Harus langsung pergi ke dokter untuk berkonsultasi dan dilakukan pemeriksaan apakah yang dirasakan oleg seseorang itu adalah kanker atau bukan, jika dicurigai oleh dokter pasien tersebut dalat melakukan pengobatan secara baik dan koperhensif antaralain tindakan pengobatan kanker ada beberapa metode antara lain, pembedahan, kemoterapi?

Radioterapi, transpalasi (stem cell), imunoterapi, terapi hormon, terapi obat obatan. Untuk mendapatkan hasil terbaik harus dilakukan secara terarah oleh dokter ahli, walau kenyataannya untuk sampai saat ini belum banyak hasil memuadkan untuk beberapa jenis kanker.

Maka dari itu bagi kita yang masih sehat untuk menjaga kesehatan yang telah Allah berikan dengan menjalankan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit terutama kanker, beberapa hal yang dapat kita lakukan antara lain, berhenti merokok, menghindari sengatan sinar matahari berlebih, memgatur pola makan yng sehat, beroralahraga secara rutin setiap minggu, menjaga berat badan, menghentikan minum minuman alkohol, menjadealkan pemeriksaan skrining, konsultasi vaksinasi dengan dokter untuk vaksin HPV penyebab tersering kanker serviks.

Semoga artikel ini membantu membuka wawasan kita semua tentang apa itu kanker, cara mencegah, dan mengibatinya, semoga Allah selalu memberikan nikmat sehatnya, amin.(*/Cr17/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *