NASIONAL

Mengenal Becak Listrik Karya Raden Sunarto Dihasilkan dari Tenaga Surya dan Berharap Menjadi Solusi Energi Baru

Sadar keberadaan energi fosil akan habis. Seorang guru SMK Piri Jogjakarta, Raden Sunarto berupaya keras berinovasi guna mengembangkan energi terbarukan.

———-

Melihat banyaknya becak di Kota Gudeg, menjadikannya memilih becak sebagai salah satu moda transportasi yang akan dirombaknya. Ya, pria yang akrab disapa Pak Raden ini kemudian mengembangkan becak listrik dengan tenaga surya. Sejauh ini, tidak ada niatan untuk dipatenkan. Ia pun mempersilahkan siapapun yang ingin menduplikasi mesin karyanya.

Ditemui di sekolah tempat kerjanya pada Senin (26/2), Pak Raden mengaku telah mengembangkan becak listrik tenaga surya tersebut sejak 2012 silam. Ketika itu, dirinya dipanggil ke Kementerian Riset dan Teknologi diberi penjelasan bahwa 20 tahun ke depan Bahan Bakar Minyak (BBM) energi fosil akan menyusut.

Untuk itu perlu adanya persiapan menggunakan energi terbarukan. Seperti angin, ombak, cahaya matahari. “Jadi harus siap-siap beralih ke energi itu. Saya dipamerin bus dan mobil listrik. Kemudian ditantang mau buat apa,” katanya.

Ia kemudian menjawab akan membuat becak dengan energi listrik dari tenaga surya. Karya ciptaannya itu kemudian dimulai pada Juni 2012 lalu menghabiskan waktu 3 bulan pengerjaan dan berhasil dipresentasikan ke Kemenristek.

Sebuah becak listrik tenaga surya generasi pertama, dengan panel surya 40 Watt yang dipasang di bagian slebor belakang untuk menerima cahaya matahari. Dari cahaya yang diserap itu kemudian masuk ke dalam 4 keping accu yang secara total mampu menghasilkan daya 104 ampere.

loading...
1 2 3Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close