UNIVERSITAS NUSA PUTRA

UNIVERSITAS NUSA PUTRA

TRANSFORMASI PERUBAHAN BENTUK STT NUSA PUTRA
MENJADI UNIVERSITAS NUSA PUTRA
SEBAGAI UNIVERSITAS SATU-SATUNYA DI KABUPATEN SUKABUMI
DENGAN SEJUTA HARAPAN MEMBANGUN PERUBAHAN

TANGGAL 02 Februari 2018 tepatnya di hari Jumat merupakan hari istimewa buat seluruh civitas akademika Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra dimana hari itu secara resmi sekolah tinggi nusa putra berubah menjadi Universitas Nusa Putra melalui keputusan dari Kemenristek Dikti RI dengan Nomor: 108/KPT/I/2018 yang diterbitkan pada hari itu.

Proses perubahan bentuk yang sudah diusulkan sejak tahun 2015 akhirnya membuahkan hasil sesuai yang diharapkan. Tentunya proses panjang selama kurang lebih 3 tahun telah melalui berbagai tantangan dan hambatan yang luar biasa.

Institusi yang didirikan sejak tahun 2002 oleh bapak Dr. Kurniawan, S.T, M.Si, MM ini telah melalui proses panjang yang bermula dari sebuah warnet (NSP.Net) dan kursus singkat computer LP2NSP (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Nusa Putra) di Jl. PGRI No.07 Kota Sukabumi.

Surat Keputusan Perubahan bentuk diserahkan oleh Kabid Kelembagaan dan Sistem Informasi Kopertis IV (Jabar-Banten) bapak Drs. Wahyudin Tahedi, M.Si di kampus Cibolang kepada Ketua Dewan Pengurus Yayasan Perguruan Nusa Putra Sukabumi Bapak Kuswara, S.H, M.H.

Dalam sambutanya Ketua Yayasan Nusa Putra, Kuswara menyampaikan kesanggupan dan keseriusannya dalam mengelola Universitas Nusa Putra agar menjadi perguruan tinggi yang kredibel dan memenuhi asas-asas pengelolaan perguruan tinggi yang baik sehingga diharapkan menghasilkan output alumni yang professional serta bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Dalam SK Perubahaan bentuk Kemenristek Dikti memberikan izin pengelolaan 12 Program Studi:

  1. Manajemen (S1)
  2. Akuntansi (S1)
  3. Ilmu Hukum (S1)
  4. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-PGSD (S1)
  5. Teknik Sipil (S1)
  6. Teknik Mesin (S1)
  7. Teknik Elektro (S1)
  8. Teknik Informatika (S1)
  9. Sistem Informasi (S1)
  10. Desain Komunikasi Visual (S1)
  11. Teknik Mesin (D3)
  12. Teknik Elektronika (D3)

Rektor Universitas Nusa Putra, Kurniawan berharap dengan teranformasi ini Universitas Nusa Putra akan lebih meningkatkan kualitas dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi, sehingga dapat berkontribusi dalam pendidikan berkualitas baik lokal, nasonal, maupun Internasional. Dengan perubahaanperubahan bentuk ini tentunya lebih memudahkan calon peserta didik dalam memilih program studi yang ada di Universitas Nusa Putra.
Terlebih pada saat ini Universitas Nusa Putra memiliki program-program unggulan di antaranya :

  • Study Abroad, yakni memungkinkan mahasiswa Nusa Putra menyelesaikan pendidikan di luar negeri dengan universitas partner Nusa putra dengan lulus menyandang gelar Dobel degree
  • Program Vokasi dengan penempatan kerja ke Jepang, Taiwan, Korea dan Kanada di mana mahasiswa Nusa Putra dapat menyelesaikan pendidikan dengan magang di luar negeri.
  • Student Exchange dimana mahasiswa Asing mengambil kuliah di Nusa Putra dan saat ini telah berjalan dengan lebih 12 Negara belajar di Nusa putra.
  • International reaserch di mana mahasiswa Nusa Putra menyelesaikan skripsi dengan dipresentasikan di luar negeri.
  • Aiesec merupakan program Volenteer bagi mahasiswa nusa Putra di luar negeri dengan organisasi international.

VISI

Menjadi institusi pendidikan berstandar nasional pada tahun 2020 dan kelas dunia pada tahun 2035 di bidang sains, teknologi dan sosial yang tangguh sebagai ujung tombak untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang cerdas, kreatif, inovatif dan religius.

MISI

  1. Memajukan ilmu pengetahuan dan pengajaran dan pembelajaran yang unggul dan bermutu tinggi.
  2. Memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi, melalui pengkajian, penelitian, publikasi dan pematenan hasil penelitian yang unggul dan bermutu tinggi.
  3. Memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi, masalah dan tantangan masyarakat yang unggul dan bermutu tinggi.
  4. Mengembangkan organisasi yang tangguh dan inovatif dengan memanfaatkan potensi sumber daya secara optimal sehingga dapat andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan Negara.
  5. Mendorong tumbuhnya kemampuan penguasaan ilmu dan teknologi di Indonesia demi terciptanya kemandirian bangsa. (ADV)

Tags
Close