Tak Bisa Bayar Utang, Gunakan 9 Jurus Ini

Keputusan berhutang atau melakukan pinjaman kepada pihak bank/lembaga pembiayaan, maka semestinya hal tersebut telah dipertimbangkan dengan matang, termasuk mengenai pembayaran utang tersebut di masa yang akan datang. Namun, apa yang terjadi jika ternyata di tengah jalan kita tidak mampu untuk membayar dan melakukan pelunasan terhadap utang tersebut?

Secara keseluruhan, gagal bayar bisa menimbulkan sejumlah masalah yang serius di dalam keuangan, antara lain, adanya sejumlah biaya denda yang dikenakan oleh pihak bank. Munculnya sejumlah bunga akibat adanya keterlambatan. Skor kredit kita menjadi buruk, karena adanya catatan tunggakan utang pada Sistem Informasi Debitur (SID).

Lalu, adanya penagihan berulang-ulang dari pihak bank, di mana hal tersebut akan mengganggu seluruh aktifitas kita, dan hal ini juga akan menambah biaya dalam tagihan. Utang semakin menggunung akibat adanya penambahan sejumlah biaya di atas.

Mengutip situs cermati.com, ada beberapa strategi di bawah ini, yang bisa dilakukan ketika tidak bisa membayar tagihan, ini jurusnya:

1. Jangan Abaikan Masalah Utang
Ketika kita memiliki sejumlah tagihan yang tertunggak, maka kita seringkali membiarkannya tanpa melakukan sejumlah tindakan penyelesaian. Hal ini tentu salah, karena lari dari masalah bukanlah sebuah pilihan yang tepat. Hadapi masalah keuangan dan jangan pernah mencoba untuk mengabaikannya.

2. Lakukan Sesuatu
Cobalah untuk menemukan beberapa opsi jalan keluar untuk hal tersebut, dan belajarlah untuk memahami kondisi keuangan kita saat ini. Lakukan beberapa hal yang telah kita rencanakan dalam menyelesaikan masalah utang, fokuslah dengan tujuan untuk membuat sebuah perubahan yang lebih baik dalam keuangan kita.

3. Berpikir Tenang
Hindari berpikir negatif dan membuang-buang waktu untuk selalu memikirkan keterpurukan yang kita hadapi. Tindakan seperti ini hanya akan membuat kita semakin terpuruk dan sulit bangkit untuk menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi.

4. Lakukan Negosiasi
Segera hubungi pihak bank/lembaga pembiayaan yang menjadi sumber pinjaman kita, dan lakukan negosiasi terkait dengan sejumlah tunggakan utang yang kita miliki. Biasanya hal ini akan sangat efektif dan bisa menjadi solusi dalam permasalahan yang kita hadapi.Sampaikan permasalahan dengan tenang, dan berikan gambaran mengenai kemampuan bayar yang bisa kita lakukan. Minta jalan keluar terbaik yang bisa mereka berikan, misalnya: penghapusan bunga pinjaman, masa cicilan yang lebih panjang, dan kebijakan lainnya yang bisa membantu penyelesaian.

5. Lakukan Evaluasi Pada Keuangan
Pada saat kita mengalami gagal bayar, maka bisa dipastikan terdapat sebuah masalah di dalam sistem keuangan yang kita jalankan. Lakukan evaluasi dan juga perbaikan pada pos pemasukan dan juga pengeluaran, hal ini untuk membantu kita menemukan dan juga memperbaiki kesalahan yang telah terjadi di dalam keuangan kita.

6. Lakukan Penghematan
Hal termudah yang bisa kita lakukan untuk membayar sejumlah utang adalah dengan cara melakukan penghematan pada berbagai pos pengeluaran. Sejumlah dana tersebut, bisa langsung kita gunakan untuk membayar sejumlah tagihan yang menunggak.

7. Dapatkan Uang Tambahan
Mendapatkan uang tambahan juga merupakan salah satu langkah tepat dalam mengatasi masalah keuangan. Kita bisa mendapatkan sejumlah uang tambahan di luar penghasilan tetap yang kita lakukan selama ini, salah satunya dengan cara bekerja paruh waktu atau menjadi seorang freelancer.

8. Prioritaskan Pelunasan Utang
Selama kita masih memiliki sejumlah utang, maka prioritaskan pendapatan kita untuk melakukan pelunasan terhadap utang tersebut. Jangan pikirkan untuk membeli sesuatu atau mengeluarkan sejumlah uang untuk berbagai hal yang tidak begitu penting, fokuslah pada pelunasan utang yang kita miliki.

9. Susun Ulang Anggaran Keuangan
Setelah melakukan pelunasan terhadap sejumlah utang, maka kita harus belajar dari hal tersebut dan berusaha untuk menghindari kejadian serupa di dalam hidup kita. Hindari untuk kembali berutang dan memiliki sejumlah cicilan.

10. Perlu Kesabaran dalam Melunasi Utang
Satu hal yang sering menjadi alasan kenapa banyak orang sulit melunasi utangnya adalah tidak tahan dengan godaan untuk memiliki semua barang yang diinginkannya. Padahal, untuk melunasi semua utang, diperlukan kemampuan dalam mengontrol diri agar tidak mudah terpengaruh pada berbagai hal yang bisa menyebabkan uang terbuang sia-sia. Jadi, kuatkan mental Anda jika ingin tang segera lunas.(mys/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *