MTQ Harus Bebas Unsur Politik

CIBADAK – Sekda Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantari menegaskan kepada panitia Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) untuk tingkat Privinsi Jawa Barat supaya pelaksanaannya harus bersih dari kepentingan politik. Hal itu mengingat, pelaksanaan MTQ digelar di Kabupaten Sukabumi dan bertepatan dengan momen politik, pemilihan kepala daerah.

Kepada Radar Sukabumi, Iyos Somantri menyampaikan, untuk menjaga netralitas tahun politik pada pemilihan kepala daerah ini, pemerintah Provinsi Jawa barat dan Kabupaten Sukabumi telah sepakat melarang adanya ucapan dari partai politik maupun calon.

Bacaan Lainnya

“Tidak ada spanduk atau baliho ucapan selamat dari partai atau perorangan, kecuali baliho atau spanduk yang telah di tetapkan oleh panitia MTQ dengan gambar atau Gubernur dan Bupati,” jelas Iyos usai rapat persiapan MTQ ke-35 tahun 2018 tingkat Provinsi Jawa Bara di Pusdai Bandung, kemarin (19/2).

Selain menjaga netralistas dalam penyelenggaraan MTQ nanti, pihaknya juga mematangkan rencana kegiatan yang tidak lama akan dilaksanakan supaya dapat berjalan dengan baik dan maksimal. “Segala sesuatu perlu dipersiapkan, termasuk anggarannya. Jangan sampai terjadi double penganggaran, antara Pemprov dan Pemkab, sehingga akhirnya akan menimbulkan permasalahan, itu salah satu yang kita bahas,” beber Iyos.
Pemda Kabupaten Sukabumi bertekad, semangat MTQ ke-35 harus lebih baik dari pelaksanaan MTQ sebelumnya. Iyos pun mengaku akan melakukan langkah dan upaya serta meniru keberhasilan MTQ sebelumnya untuk dimodifikasi menjadi lebih baik.

“Kami akan lakukan ATM, yaitu Amati Tiru dan Modifikas supaya menjadi lebih baik,” ucapnya.

Sementara itu, Assisten Daerah (Assda) Bidang Pemerintahan dan Sosial Kabupaten Sukabumi, Asep Abdul Wasith menambahkan, kegiatan MTQ ke-35 ini dapat diisi dengan promosi objek wisata Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu yang saat ini masih dalam proses pengakuan UNESCO Global Geopark (UGG).

“Dalam buku panduan yang akan disebar ke-27 kota dan kabupaten se- Jabar nanti, terdapat muatan lokalnya dimana terdapat foto Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu. Selain itu, akan juga disiapkan kendaraan bagi kafilah yang akan mengunjungi destinasi wisata GNCP. Selain itu, untuk menambah kemeriahan acara MTQ ini, akan diadakan juga kegiatan tambahan berupa exibisi kasidah tingkat provinsi,” tutupnya.

 

(Cr15/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *