Pemerintah Kota Sukabumi

Tingkatkan Kapasitas Kader Posyandu

CIBEREUM – Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi terus berupaya meningkatkan kapasitas kader posyandu. Hal tersebut dilakukan, guna meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.
Misalnya saja, melakukan pembinaan serta pelatihan kader posyandu dalam peningkatan kapasitas kader di sejumlah kecamatan.

Wakil Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mengatakan, posyandu merupakan salah satu sarana kesehatan berbasis masyarakat seperti layanan kesehatan ibu dan anak. Sehingga perlu peningkatan kader untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman terkait pelayanan terhadap masyarakat, agar lebih baik lagi.

“Selain itu, pemerintah juga memprogramkan keluarga berencana (KB), gizi, imunisasi dan penanggulangan diare,” kata Fahmi kepada Radar Sukabumi, jumat(9/2).

Layanan posyandu ini lanjut Fahmi, sangat penting bagi masyarakat.”Ketika seluruh kader sudah meningkatkan kapasitasnya, maka akan sangat berdampak pada peningkatan kesejahteraan di sekitar posyandunya masing-masing,”terangnya.

Menurutnya, posyandu tersebut dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat.
Terdapat empat mimpi besar dari terbentuknya posyandu diantaranya layanan persalinan ditangani tenaga kesehatan bidan atau dokter dan seluruh balita mendapatkan paket imunisasi yang lengkap.

“Selain itu, mendorong perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta usia pernikahan yang ideal bagi wanita 20 sampai 35 tahun dan untuk pria 25 sampai 40 tahun,”ujarnya.

Ia optimis, dengan upaya yang terus digencarkan, pemerintah dapat mendongkrak kesejahtraan masyarakat dan sesuai dengan harapan pemerintah.

“Saya harap, setelah adanya peningkatan kapasitas ini ke depan layanan posyandu di Kota Sukabumi bisa lebih baik lagi,” harapnya.(Cr16/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close