LIPI Usulkan Kebun Raya Bogor Menjadi Warisan Dunia Kepada UNESCO

BOGOR – Warga Kota Bogor patut berbangga. Sebab Kebun Raya Bogor (KRB) tak lama lagi akan menjadi Warisan Dunia.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengusulkan Jantung Kota Hujan ini untuk menjadi World Heritage Site UNESCO. Tempat legendaris di tengah kota ini diyakini memiliki segudang nilai historis.

Bacaan Lainnya

Gagasan tersebut selambat-lambatnya akan terwujud pada 2020 mendatang. Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati mengaku akan mengusulkannya pada UNESCO pada akhir bulan ini.

“Jika sudah diusulkan maka UNESCO akan mengecek semua dokumen, jadi harus mengendap setahun dulu sebelum masuk nominasi. Ditargetkan tahun 2020 dapat terwujud,” jelasnya dalam Focus Group Discussion (FGD) di Gedung Konservasi LIPI Jalan Juanda, senin (22/1/18).

Ia meminta komitmen semua elemen yang terlibat, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Tak hanya memiliki nilai sejarah yang tinggi, keindahan alam KRB juga menjadi salah satu faktor tambahan untuk mendukung KRB menjadi warisan dunia.

Selain itu Enny juaga meminta dukungan Pemkot Bogor, terutama komitmen berupa rancangan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang tidak mengubah zonasi dari Kebun Raya Bogor. Selanjutnya membuat Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur mengenai transportasi, serta Pedagang Kaki Lima (PKL).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *