JAWA BARAT

Benahi Sistem Pendistribusian Beras

PURWAKARTA – Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menganggap melambungnya harga beras bisa ditanggulangi dengan pembenahan sistim pendistribusian beras. Selain itu penggunaan lumbung padi disetiap tingkatan pemerintahan yang tertata dan terjaga bisa pula menekan harga kebutuhan pokok tersebut.

Menurutnya, dari padi yang baru dipanen harus melalui beberapa proses yang harus dilakukan. “Jadi dari mulai gabah ditumbuk diantarkan ke jalan bayar, lalu diangkut ke mobil bayar juga,lalu ke bandar bayar lagi, terus ke kota, nah dijual lagi ke daerah,” ujar Dedi, Senin (22/1).

Dari beberapa proses tersebut, banyak biaya distribusi yang tidak terlalu penting yang dilakukan. “Pantas saja harganya melonjak padahal seharusnya tidak seperti itu. Dengan distribusi yang baik beras bisa murah karena menghindari biaya-biaya itu,” ucapnya.

Parahnya lagi lanjut dia, justru dengan harga beras naik ini, para buruh tani dan petani yang dirugikan. Karena setelah panen baru mereka dibayar berupa uang yang akhirnya cepat habis.

“Anehnya lagi daerah-daerah lumbung padi seperti Indramayu, Subang dan Karawang, para petaninya tak memiliki beras,” kata Dedi.

1 2Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close