SMART Gelontorkan Beasiswa Rp 2,8 Miliar

Padahal, menurut UNESCO, jurusan STEM merupakan pekerjaan yang akan banyak dicari di masa depan (job of the future) yang bisa mendorong kesejahteraan individu dan masyarakat sekitarnya, melalui inovasi serta kreativitas. “Karenanya kami berharap anak-anak perempuan turut terpacu mendalami STEM melalui kesempatan seperti ini.” lanjutnya.

SMART kali ini menyalurkan beasiswa kepada masyarakat lokal di sekitar lokasi operasional perusahaan. Program ini akan berjalan hingga proses perekrutan terakhir di 2020 dengan total bantuan dana lebih dari Rp 2,8 miliar yang diberikan kepada 40 siswa.

Bacaan Lainnya

Pada putaran pertama, lanjut dia, beasiswa diberikan kepada enam siswa berprestasi dari Kabupaten Kapuas Hulu untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penyerahan beasiswa dilakukan di kantor perwakilan perusahaan di Pontianak, Rabu (10/1).

Ada enam siswa yang mendapatkan beasiswa. Masing-masing memperoleh bantuan dana sebesar Rp 64 juta yang akan digunakan untuk biaya kuliah, perlengkapan kuliah, dan juga biaya hidup.

Selain pemberian dana, para calon siswa akan mendapatkan bimbingan belajar selama 6 bulan yang meliputi persiapan tes 1-3 bulan dan uji coba seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) sebanyak 3 kali.

Hal ini untuk membantu para calon siswa mendapatkan nilai cukup untuk diterima di universitas negeri setempat.

“Setelah siswa diterima dan mulai berkuliah, perusahaan akan melakukan pendampingan selama 3-6 bulan untuk membantu para siswa beradaptasi.” tuturnya.
Upaya peningkatan kualitas pendidikan masyarakat termasuk di daerah binaan diharapkan mampu memunculkan sumber daya manusia lokal potensial yang mendukung keberlanjutan usaha perusahaan.

Di sisi lain, program pemberian beasiswa ini menjadi ruang interaksi positif antara perusahaan dan masyarakat sekitar wilayah operasi usaha. Proses pendaftaran beasiswa tahap selanjutnya akan kembali dibuka pada Maret – April 2018. (esy/jpnn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *