EKONOMI

Pengusaha Minta Solusi

JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) meminta pemerintah memberikan solusi, terkait larangan penggunaan cantrang. Pasalnya, saat ini sudah ada 15 perusahaan yang gulung tikar. Jika dibiarkan akan banyak lagi yang tutup.

Wakil Ketua Umum Kadin bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto mengatakan, seharusnya pembangunan yang dilakukan Susi Pudjiastuti untuk mensejahterakan rakyat Indo­nesia. Misalnya menciptakan lapangan pekerjaan, mengentaskan kemiskinan, peningkatan nilai tambah, devisa, dan pendapatan negara.

“Sekarang saja sudah ada 15 perusahaan yang tumbang. Terakhir, ada yang kapasitasnya tinggal 7 persen. Surimi sudah tutup karena tidak bisa menutup biaya produksi,” ungkap Yugi saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, kemarin.

Dia menyebut, pelarangan cantrang justru memberikan dampak negatif bagi nelayan, yang berujung pada industri pengolahan ikan. Karena itu, pemerintah harus mencarikan solusi agar masalah ini tidak semakin melebar.

Penggunaan gillnet memang sudah dilakukan, hanya saja penggunaan alat tangkap ini mengurangi pendapatan hingga 40 persen.

1 2 3Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close