PILKADA KOTA SUKABUMI

Panwaslu: Jangan Main-main dengan Syarat Calon Kada

Jika Tidak Lengkap Bisa Didiskualifikasi

SUKABUMI— Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Sukabumi, Muhammad Aminudin akan langsung melakukan pemantauan pendaftaran bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi. Bahkan, mulai hari ini dirinya akan melihat syarat-syarat dari masing-masing calon yang bakal maju di Pilwalkot Sukabumi yang bakal dihelat dipertengahan tahun 2018.

Pasalnya, dirinya mewanti-wanti semua syarat calon sesuai dengan Undang-Undang Pilkada harus dipenuhi oleh semua bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi.

“Syarat calon harus lengkap. Syarat tidak lengkap, akan didiskualifikasi,” ungkap Amin sapaan akrab Aminudin kepada koran ini, kemarin (7/1).

Soalnya, lanjut Amin, kelengkapan persyaratan pencalonan yang berkaitan dengan administrasi yang dikeluarkan oleh partai politik dan syarat calon yang harus dipenuhi oleh masing-masing calon, itu menjadi gambaran keberadaan setiap balon yang bakal maju di pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Terutama berkaitan dengan pidana dan perdata. Tidak tercela secara hukum dan juga tidak memiliki tanggungan pihutang pribadinya atau secara badan hukum yang menjadi tanggung jawabnya. Intinya ke 27 syarat calon harus terpenuhi,” katanya.

Untuk memastikan semua balon Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi memenuhinya, kata Amin, dirinya beserta dengan jajarannya bakal memantau secara langsung mengenai dengan kelengkapan persataran pencalonan dan syarat calon yang harus dilengkapi. Pasalnya, dirinya mengharapkan tahapan Pilwalkot dapat berjalan lancard ari muali tahapan pendaftaran calonnya.

“Kita tidak mau dikemudian hari ada apa-apa. Makanya, kita pantau semuanya secara langsung teruata saat memverifikasi syarat dari masing-masing calonnya,” tegasnya.

Maka dari itu, lanjut Amin mengatakan, dirinya mewanti-wanti kepada lembaga penyelenggara pemilu atau KPU di wilayah Kota Sukabumi untuk bekerja dengan sebaik-baiknya dalam melaksanakan tahapan Pilwalkot itu.

Terutama menurutnya, memastikan semua syarat calon dapat terpenui oleh masing-masing calaon yang masuk pada bursa di Pilwalkot nanti.

“Syarat calon ini, menjadi gerbang pertama untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Jadi, ditahapan ini kita (Panwas,red) dan KPU harus bekerja dengan baik. Kalau ada kesalahans aja, itu akan berakibat patal pada tahapan selanjutnya. Semoga saja, persyaratan pencalonan dan syarat calon dapat dipenuhi oleh semua calon yang akan maju,” tegasnya. (sep/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close