Jembatan Gantung Wisata Situ Gunung Habiskan Biaya Rp 4 Miliar

Jembatan gantung Situ Gunung Sukabumi
Jembatan gantung Situ Gunung Sukabumi

SUKABUMI – Anggaran pembuatan jembatan trail canopy atau jembatan gantung wisata Situ Gunung di kawasan objek wisata Situ Gunung Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi ditaksir menelan biaya sekitar Rp 3 sampai 4 miliar.

“Kata pihak pengelolanya, biayanya diperkirakan bisa mencapai Rp 3 sampai 4 miliar lah,”kata Camat Kadudampit Jenal Abidin saat dikonfirmasi radarsukabumi.com Rabu (3/1).

Bacaan Lainnya

Biaya cukup fantastis jembatan gantung wisata yang pembuatannya ditarget kembali rampung di Januari 2018 ini karena nyaris semua komponen bahan baku jembatan sepanjang 250 meter dengan ketinggian diatas 150 meter tersebut, didatangkan dari luar negeri.

“Karena sebagian besar bahan materialnya didatangkan dari luar negeri. Jadi proses pengerjaannya tergantung bahan material kiriman yang membutuhkan waktu. Makanya target selesai pengerjaan pada Desember 2017 lalu  tertunda, bisa jadi karena masih menunggu bahan baku kiriman dari luar negeri,”terang Jenal.

Menurut Jenal, Jembatan gantung yang kini meski belum tuntas pekerjaannya tapi sudah jadi ajang buruan warga yang berselfie ria atau  sekadar penasaran dengan jembatan yang kabarnya merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia itu merupakan pekerjaan swasta murni hasil kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup, Balai Besar Cibodas, pengelola TNGGP seksi 4 Situ Gunung.

“Dengan hadirnya jembatan gantung tersebut, nanti bisa menghubungkan ke area air terjun Curug Sawer dengan Situ Gunung. Lokasi jembatan dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 4 kilometer dari pintu utama objek wisata Situ Gunung,”bebernya.(radarsukabumi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *