Arus Balik Puncaknya Diprediksi Terjadi Malam Ini

Puncak arus balik libur Natal dan Tahun baru 2018 diprediksi terjadi hari ini (1/1). Tepatnya malam nanti. Diprediksi, sebanyak 104 ribu kendaraan akan melintas Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama menuju Jakarta.

“Prediksi kami 104 ribu itu sehari,” ucap Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru kepada Jawapos.com, Senin (1/1).

Bacaan Lainnya

Puncak arus balik sendiri diperkirakan akan terjadi di shift 2 dan shift 3 atau pada malam hingga dini hari nanti.

“Prediksi puncak arus di shift 2 dan 3, karena kebiasaan orang kalau berangkat sehabis makan siang nyampe sini baru sore atau habis magrib atau habis isya gitu,” ungkap Dwimawan.

Untuk mengurai kepadatan yang mungkin terjadi di GT Cikarang Utama, PT Jasa marga pada saat ini telah membuka 20 gerbang tol arah Jakarta.

Jika kepadatan semakin menumpuk, maka PT Jasa Marga telah menyiapkan 11 gerbang cadangan di Cikarang Utama yang bisa dibuka pada saat dibutuhkan.

“Nanti kalau kurang kita tambah, bisa sampai 31 (GT),” pungkas Dwimawan.

PT Jasa Marga sendiri akan memantau arus balik ini dalam tiga shift tugas, shift pertama dari pukul 06:00-14:00, shift dua pukul 14:00-21:00 dan terakhir shift tiga pukul 21:00-06:00.

PT Jasa Marga juga menghimbau masyarakat yang akan berpergian agar terlebih dahulu memeriksa kendaraannya secara berkala, dan patuhi rambu-rambu lalu lintas.

Serta bagi masyarakat yang berangkat dari tempat yang jauh, agar beristirahat secara berkala, gunakan rest area yang telah disediakan, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

(sat/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *