Gerindra, PAN dan PKS Resmi Berkoalisi di Pilkada 2018

Peta politik nasional jelang pilkada serentak 2018 mulai memanas dan berkubu. Paling terbaru adalah partai Gerindra, PKS dan PAN yang sepakat berkoalisi untuk menghadapi pertarungan pilkada tahun depan.

Kesepakatan tiga partai yang langsung dihadiri oleh masing-masing ketua umum partainya itu diputuskan setelah ketiganya menggelar rapat tertutup di kantor DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jakarta, Minggu (24/12).

Bacaan Lainnya

Dalam pertemuan itu, ketua umum partai Gerindra, Prabowo Subianto, Ketua umum partai PAN, Zulkifli Hasan dan Presiden PKS, Sohibul Iman telah sepakat untuk berkoalisi di beberapa daerah, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Timur dan Maluku Utara

“Ada beberapa yang kita pending terkait Jawa Timur, mudah-mudahan setelah tahun baru kita akan punya kesimpulan,” kata Presiden PKS, Sohibul Iman di DPP PKS, Jakarta, Minggu (24/12).

Terkait pola pengusungan paslon, kata Sohibul, mereka sepakat akan melihat kondisi konselasi politik yang ada pada daerah itu terlebih dahulu.

“Di tiap daerah kan tentu berbeda-beda, bisa saja yang kursinya besar tapi tidak memiliki calon yang kuat,” ujarnya

Kendati telah memiliki kekuatan politik yang mumpuni, kata Sohibul, dirinya tidak menampik telah membangun komunikasi politik dengan partai politik lainnya guna menambah amunisi mesin partai di daerah.

“Termasuk dengan Demokrat. Kemarin (dua hari lalu) saya diundang dengan bapak SBY di rumahnya yang di kuningan, kita berbicara banyak hal termasuk pilkada 2018,” ungkapnya.

(aim/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *