OLAHRAGA

Ratusan Peserta Ikuti Gurita Swimming Fun

SUKABUMI— Sebanyak 300 orang peserta mengikuti Gurita Swimming Fun 2017 di Hotel Augusta Cikukulu, Sabtu (16/12) dan Minggu (17/12). Mereka merupakan atlet renang berusia balita hingga remaja ini berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat seperti Cirebon, Sumedang, Depok, Bandung, Bogor, Bekasi , Banten dan Jakarta.

Ketua panitia Gurita Swimming Fun 2017, Omay Komarudin mengatakan, kegiatan ini merupakan kali ketiga digelar pada tahun 2017. Tentunya hal ini menjadi wadah pengembangan bakat para atlet yang selama ini mendapatkan pembimbingan disetiap klub. “Alhamdulillah peserta membludak, meski di daerah lain juga ada kegiatan serupa,” ujar Omay kepada Radar Sukabumi.

Disamping itu, ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia ( PRSI) Kabupaten Sukabumi, Asep Suparwan menerangkan, kegiatan tersebut merupakan bentuk aksi nyata PRSI Kabupaten Sukabumi dalam pembinaan para atlet. Terlebih, dalam pencarian atlet muda yang disiapkan dalam berbagai event, terutama dalam mempersiapkan Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2018 mendatang. “Kalau atletnya sudah ada, tapi kita manfaatkan even ini untuk lebih mematangkan kesiapan para atlet tersebut,” terang Asep.

Ia mengeluhkan, dalam mempersiapkan atlet ini sangat minim fasilitas. Kondisi kolam yang jauh dari standar menyulitkan para atlet dalam mengembangkan prorgram latihan. “Idealnya sih kolam 50 meter kalau untuk pengembangan atlet, tapi mau bagaimana lagi kita manfaatkan yang ada,” tambahnya.
Padahal sambung Asep, Kabupaten Sukabumi menjadi tolaknukur pengembangan atlet di Jawa Barat dengan menyandang penghargaan sebagai wilayah yang aktif menggelar kegiatan. “Sayangnya tidak ada fasilitas yang memdai,” keluhnya lagi.

Ia berharap, kedepan Pemerintah Daerah bisa menyediakan fasilitas renang yang memamdai atau sesuai standar, sehingga Kabupaten Sukabumi bisa melahirkan atlet-atlet renang yang handal dan mampu membawa nama harum Kabupaten Sukabumi.

Sementara itu, perenang nasional peraih Emas Sea Gmaes 2017, Triyadi Fauzi turut menghadiri perlombaan Gurita Swimming Fun. Dalam kesempatannya, Triyadi sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Gurita Swiming Club dan PRSI Kabupaten Sukabumi. Menurut dia, hal ini untuk melatih mental para atlet muda dalam mengarungi kompetisi. “Dengan kolam yang kurang memadai, tapi antusiasme atlet sangat bagus, apalagi kalau kolamnya bagus, pasti lebih seru lagi,” pungkasnya. (Why)

Tags

Tinggalkan Balasan