Ini Alasan Jokowi Rahasiakan Lokasi Bandara Sukabumi

SUKABUMI— Pemerintah pusat nampaknya tak main-main dalam melakukan pembangunan di wilayah Sukabumi. Lihat saja, mulai dari proyek tol bocimi, Proyek Jalur Ganda Kereta yang mulai dikerjakan hari ini hingga Proyek Bandara yang direncanakan akan dibangun tahun 2019, menandakan pemerintah serius untuk mendorong percepatan ekonomi di Sukabumi.

Bahkan, untuk memuluskan proyek Bandara di Sukabumi, Presiden Joko Widodo rela merahasiahkan lokasi bandara dimana tersebut akan dibangun. Alasannya jelas, karena kalau lokasi bandara diumumkan ke publik maka dikhawatirkan tanah disekitar lokasi menjadi naik dan ikut akan mempersulit proses pembebasan lahan yang dilakukan oleh Pemerintah.

Bacaan Lainnya

“Saya bisikin Pak Bupatinya (Marwan Hamami red) agar lokasi dirahasiakan, kalau enggak nanti malahan timbul kesulitan pas pembebasan,” pungkas Jokowi saat menghadiri peresmian Groundbreaking proyek Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Bogor-Sukabumi di Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (15/12).

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan pengoperasian lapangan udara atau bandara di Sukabumi pada 2020 mendatang. Saat ini proses pembangunannya masih dalam tahapan penetapan lahan lokasi bandara yang diharapkan dekat dengan Kota Sukabumi. Proses pembebasan tanah untuk lapangan terbang 2018, dilanjutkan pembangunan 2019, dan selesai 2020.

Menurut Budi, lokasi bandara arahnya antara Sukabumi sampai Palabuhanratu dan nanti dipilih mana yang paling bagus. Terutama, untuk pertimbangan keamanan seperti bandara tidak boleh ada obstacle atau penghalang seperti gunung atau halang-halangan lainnya. Jenis pesawat yang masuk bandara untuk sementara jenis narrow body atau pesawat berbadan sempit.(die)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *