EKONOMI

Tingkatkan Skill UKM Via Manajemen Modern

SUKABUMI – Proses pengadministrasian masih menjadi kendala utama, bagi sebagian besar pelaku UKM di Sukabumi. Sehingga sampai saat ini, belum banyak dari mereka yang mampu bersaing di kancah regional apalagi nasional.

Tidak ingin permasalahan itu berlanjut, PT Telkom Sukabumi yang diprakarsai Community Development Center (CDC) Regional 3 Jawa Barat (CDC) bergegas melatih 30 pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) binaannya yang tersebar di Kota dan Kabupaten Sukabumi serta Cianjur selama dua hari berturut-turut (28-29/11) di Hotel Spark Odeon Jalan Pejagalan, Kota Sukabumi.

Dalam Pelatihan Manajemen Keuangan dan E-Commerce, mitra binaan Telkom tersebut mendapat bimbingan dari pemateri handal sekaligus konsultan ternama, Sri Suryati Utari yang dihadirkan dari Quentha Global Indotama.

Manager CDC Regional 3 Jabar Ganda Kusumah. R mengatakan, dilaksanakannya pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan skill para pelaku UKM di Sukabumi dan Cianjur sekaligus mampu bersaing di kancah yang lebih besar.

“Pelatihan ini lebih menitikberatkan pada cara pengelolaan keuangan yang baik lewat pembukuan, hingga bertransaksi jual beli secara elektronik melalui media internet/ e-commerce,”tegas Manager CDC Regional 3 Jabar, Ganda Kusumah.

R kepada Radar Sukabumi yang ditemui di sela-sela pelatihan, kemarin (28/11).

Ia pun mengakui jika produk-produk yang dihasilkan UKM di dua wilayah ini (Sukabumi-Cianjur,red) sudah banyak kemajuan. Hanya saja, yang masih menjadi kendala dari sisi pemasaran.

“Produknya saya lihat sudah ada kemajuan dan punya kualitas yang bagus,”tuturnya.

Untuk produk yang dihasilkan para UKM binaan, pihaknya turut membantu memasarkannya dengan mengikutsertakannya pada pameran-pameran.

“Jadi bukan hanya satu atau dua produk saja yang kami ikutkan dalam pameran, tapi ada juga craft, fashion sampai food,”paparnya.

Menurutnya, semua itu dilakukan demi membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesui dengan program pemerintah yaitu mengentaskan kemiskinan.
“Hal ini kami lakukan bukan bisnis semata, karena sebenarnya bisnis Telkom itu di telekomunikasi beserta aplikasinya,”tegasnya.

Ia berharap, melalui pelatihan tersebut para mitra binaannya bisa meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam menguasai manajemen keuangan dasar.

Sementara itu, Pengelola CDC Telkom Sukabumi Asep Solihin menambahkan, pelatihan tersebut diikuti 30 UKM Kota dan Kabupaten Sukabumi serta Cianjur yang mewakili bidang usaha mitra unggulan.

“Pelatihan ini sangat bagus demi kemajuan UKM itu sendiri. Kami sangat berharap para peserta nantinya bisa menjadi pionir dan teladan khususnya bagi para pelaku UKM yang lain,”singkatnya. (sri)

Tags

Tinggalkan Balasan