Ada Rahasia di Bulan Muharram

Pawai obor (foto: int)

MUHARRAM – Bagi umat Islam awal bulan Muharram adalah satu bulan yang dihormati diatara bulan Dzulqa’dah, Dzulhijah dan Rajab. Bahkan saking perlu dihormatinya, pada Bulan Muharram Allah SWT secara tegas mengharamkan umat islam untuk berperang.

Sementara, bagi orang Yahudi bulan Muharram diakui sebagai bulan yang diagungkan. Soalnya, mereka percaya pada bulan Muharram itu adalah bulan dimana Nabi Musa As bersama kaumnya berhasil selamat dari kejaran Firaun dengan membelah lautan mesir dengan tongkatnya atas izin Allah SWT.

Bacaan Lainnya

Nabi Musa AS yang diketahui lahir pada 1527 SM dipercaya orang Yahudi lahir pada Bulan Muharram, maka untuk memperingati dua kejadian besar itu, orang Yahudi selalu berpuasa pada bulan Muharram sebagai tanda terima kasih atas Jasa Nabi Musa AS yang menyelamatkan kaumnya.

Kejadian besar itu dibenarkan dalam Kitab Ihya Ulum Al-Din yang ditulis Imam Ghazali. Bahkan dalam Kitab Ihya Ulum Al-Din ditulis pada bulan Muharram banyak kejadian yang luar biasa bagi peradaban hidup manusia.

Mulai dari kejadian kesedihan dan kejadian kegembiraan banyak terjadi pada bulan disucikan ini. Salah satunya disebutkan dalam kitab itu, bahwa bumi dan alam semesta diciptakan Allah SWT pada bulan Muharram.

Dan bahkan Nabi Adam As dan Hawa diciptakan pada bulan Muharram, begitupun ketika Nabi Adam As dan Hawa diturunkan ke Bumi akibat kesalahannya, itu terjadi pada bulan Muharram.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *