Anak-anak menikmati bermain di tengah Situ Sukarame.

SUKABUMI— Situ Sukarame berada tepat di kaki Gunung Salak. Dikelilingi hamparan kebun teh bak menyerupai permadani hijau di areal PT.Perkebunan Teh NusantaraVIII, tak salah jika situ ini menjadi primadona wisata bagi masyarakat Sukabumi.

Pemandangan di sana cukup asri dan elok. Sejuknya udara menjadi penambah segar suasana. Tidak sulit mencapai lokasi danau tersebut. Perjalanan dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat. Pelancong hanya memakan waktu sekitar 15 menit, atau tepanya tempat tersebut berada satu kilometer dari jalan utama.

Jauh dari keramaian dan pedesaan yang tidak terlalu padat penduduk. Situ yang berada di kampung Parakansalak Desa/Kecamatan Parakansalak Kabupaten Sukabumi, sangat mudah dijangkau dengan kendaraan, sebab akses jalan satu-satunya yang mengarah ke lokasi situ.

Meski berada jauh dari jalan provinsi, namun Situ tersebut banyak dikunjungi, Situ seluas  +/- 20 meter ini dapat langsung dinikamti.

Hampir setiap hari dikunjungi, khusunya hari libur, banyak digunakan kelompok – kelompok dari Pramuka, Sekolah, maupun kelompok komunitas mengadakan perkemahan ataupun acara-acara lainnya.

Khusus pada hari-hari libur tersebut , biasanya ada penyewaan perahu untuk berkeliling setu. Bagi yang ingin mencoba wahana menantang, tersedia Flayingfox, Berselancar dengan tali melintasi diatas Situ.

Beberapa pengunjung memancing di Situ Sukarame.

Semua fasilitas hanya dengan bayaran yang murah. Bagi mancing mania, Setu merupakan lokasi yang tepat untuk kegiatan tersebut, ikan yang terdapat di setu cukup banyak.

Pengunjung yang datang disediakan pondok-pondok di pinggir Setu, yang dapat digunakan untuk istirahat.

Selain itu banyak pengunjung tidak mesti kesulitan mencari makanan, karena banyak warung yang menyajikan makanan dan berbagai jajanan. Keberadaan Situ berawal dari danau alam yang difungsikan untuk irigasi atau pengairan.

Sebab di daerahnya, penduduk masih bergantung pada aktifitas bertani. Di samping jadi objek wisata, setu masih gunakan sebagai sumber irigasi. Namun, Keberdaanya Setu tersebut belum di optimalkan potensinya.

Salah satunya fasilitas penujang, seperti jalan, lahan parkir, mushola dan lain sebagianya. Padahal Sukarame dapat menjadi daya tarik wisatawan yang berpengaruh kepada kemajuan wilayah tersebut. (why)

(Visited 30 times, 1 visits today)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here