ELOK:Curug luhur sebuah air terjun yang berada di kawasan TNGP Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi, curug yang masih terjaga kealamian alamnya.

SUKABUMI – Pesona alam berupa air terjun dapat dinikmati di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) sebuah air terjun dengan nama Curug Luhur. Berada di kawasan Pasirhantap Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi.

Curug ini memang belum terlalu dikenal, namun keindahan alamnya yang masih perawan menawarkan pesona wisata yang menakjubkan.

Curug dengan ketinggian sekitar 30 Meter berada di belakang bukit hutan pinus, untuk mencapai tujuan ditempuh dengan berjalan kaki dari pos penjaga TNGP. Jarak dari pos menuju Curug sekitar 2 kilometer.

Perjalanan yang melelahkan tidak akan terasa sebab disuguhkan pemandangan alam yang begitu menawan. Namun saat berjalan mesti hati-hati jangan sampai mnginjak bibit pohon yang banyak ditanam disekitar area jalur meuju curug. Selain itu pemakaian sandal atau sepatu gunung mesti menjai perlengkapan karena licinya jalan.

Sampai ditempat tujuan, hembusan angin membuat air curug terciprat, segar terasa. Satu keistimewaan tepian curug terdapat pasir utih dan batu koral, memudahkan pengunjung untuk membuat tenda. Curug pun bisa dipakai untuk berenang tapi mesti hati-hati jangan mencapai pusaran curug karena sangat dalam.

Jika musim penghujan air yang mengalir dari curug sangat besar, kendati pada musim kemarau air curug tidak akan berkurang. Air dari curug tersebut mengalir kesungai yang terentang sepanjang kawasan Parungkuda.

Namun tidak sembarang pengunjung bisa melihat curug tersebut, alasannya  ekosistem yang masih terjaga dan menghinari kerusakan alam hutan. Maka setiap kali berkunjung harus melalui prosedur atau izin dari TNGP dan didampingi organisasi pencinta alam.(veg)

(Visited 19 times, 1 visits today)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here