SUKABUMI – Kabupaten Sukabumi dengan wilayahnya yang sangat luas, memiliki banyak kawasan hutan dan pegunungan.

Kondisi ini membuat Kabupaten yang disebut-sebut terluas se-Pulau Jawa dan Bali ini memiliki banyak air terjun. Salah satu air terjun yang cukup terkenal dan unik di Kabupaten Sukabumi adalah Curug Cikaso.

Curug Cikaso ada di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Keindahan air terjun ini bisa menjadi pilihan untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga, teman atau rekan kerja.

Memang untuk ukuran warga Jakarta dan sekitarnya, Curug Cikaso mungkin terbilang jauh. Tapi yakinlah, letih perjalanan menuju Curug Cikaso akan terbayar tuntas dengan keindahan panorama alam yang ditawarkan air terjun yang unik ini.

Dari Kota Sukabumi, pengunjung terlebih dulu berkendara ke arah Surade sejauh kurang lebih 100 kilometer. Curug Cikaso tidak jauh dari pusat Surade, sekitar delapan kilometer.

Berbeda dengan air terjun lain yang ada di Sukabumi, untuk sampai ke Curug Cikaso dari titik pemberhentian kendaraan terbilang dekat. Hanya jalan kaki sekitar 200 meter. Dari sini, wisawatan sudah disuguhkan nuansa unik yang sangat kental.

Itu karena rute menuju curug melewati pematang sawah. Hamparan sawah terpetak rapi menjadi pemandangan yang menyejukkan hati, membuat kita sejenak melupakan hiruk pikuk kota.

NATURAL:Susana alami dan sejuk begitu terasa di Curug Cikaso.

“Kalau mau ke Curug Cikaso, sebaiknya pagi hari karena suasana sejuknya akan lebih terasa,” ujar Ujang Supandi, petani yang juga pemilik warung di sekitar Curug Cikaso.

Sesampai di kawasan Curug Cikaso, pemandangan air terjun langsung memukau. Suara air terjun yang berjatuhan di dasar tebing setinggi kurang lebih 80 meter, begitu membahana.

Lagi-lagi kesejukan panorama alam begitu terasa. Belum lagi gemercik air dan gerimis air terjun yang sangat dingin tatkala menyentuh tubuh. Sudah pasti pengunjung tidak akan bisa bersabar untuk tidak mendekat ke air terjun.

Curug Cikaso sebenarnya bernama Curug Luhur, mengalir ke anak sungai Cikaso yang bernama Cicurug.

Tapi oleh kebanyakan orang, curug ini lebih dikenal dengan nama Curug Cikaso.

Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dengan di bagian bawahnya terdapat kolam dengan warna  airnya hijau kebiru-biruan.

ABADIKAN GAMBAR:Sekelompok wisatawan tidak lupa mengabadikan kunjungan mereka ke Curug Cikaso.

Kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke timur.  Masing-masing air terjun mempunyai nama tersendiri. Yang kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong dan kanan bernama Curug Aki. Ketiga curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 m.

Bagi yang ingin menikmati sensasi naik perahu menuju atau pulang dari Curug Cikaso, disediakan perahu khusus berikut pemandu wisatanya.

 

(Visited 80 times, 1 visits today)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here