NATURAL : Para pengunjung menikmati air panas di Pemandian Cipanas Cisolok.

PALABUHANRATU–Berwisata ke Pantai Selatan Palabuhanratu, tidak lengkap jika tidak mampir ke pemandian air panas, Cipanas, Cisolok.

Meski tarif masuk ke pemandian air panas Cisolok terbilang murah, namun Cipanas ini menawarkan bisa mengobati berbagai jenis penyakit kulit.

Bahkan, sejenis encok dan rematik pun jika rutin berendam di pemandian Cipanas bisa menjadi obat alternatif.

Semburan yang ada di sungai tersebut memang tidak mengandung belerang. Namun, karena panas tersebut berasal dari geyser (air panas yang melewati lapisan kerak bumi), masyarakat percaya jika air panas itu mengandung belerang. Lantaran, bau belerang dan rasa air sangat kasar dan terasa dibanding air biasa jika menyentuh kulit.

Jelas, akibat banyak wisawatan yang memiliki penyakit kulit yang sembuh dengan berendam secara rutin di pemandian Cipanas. Kini, kunjungan itu semakin padat, terlebih dimusim libur panjang.

Bahkan, kunjungan ke pemandian Cipanas itu sangat cocok jika wisatawan sudah kenyang menikmati Pantai Selatan.

Misalnya Pantai Palabuhanratu, Citepus, Karanghawu dan Cibangban.

Setelah berpanas-panasan, untuk melepas lelah bisa menikmati semburan uap air panas yang langsung keluar dari perut bumi.

Atau bisa memilih berendam di sungai atau Kolam Renang yang disediakan pengelola. Bukan hanya itu, bagi wisatwan yang belum puas dengan berendam.

Apalagi bagi orang dewasa yang memiliki penyakit kulit, encok dan rematik bisa menikmati therafy air panas.

Jelas, setiap kali libur panjang, pemandian ini kerap dipadati pengunjung lokal maupun manca negara.

Untuk mengunjungi lokasi wisata itu, hanya berjarak 20 KM dari Kota Palabuhanratu atau 3 KM dari Terminal Cisolok. (ryl)

(Visited 16 times, 1 visits today)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here