Gunung Gede Pangrango Catat Penambahan Burung Garuda Muda di TNGGP

Koleksi Elang Jawa di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, bertambah menjadi 3 ekor pada 3 September 2023.
Koleksi Elang Jawa di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, bertambah menjadi 3 ekor pada 3 September 2023.

CIANJUR — Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat jumlah anak Elang Jawa di kawasan Gunung Gede Pangrango bertambah menjadi tiga ekor dan kemungkinan akan terus bertambah.

Kepala Balai Besar TNGGP Cianjur, Sapto Aji, saat dihubungi di Cianjur, Rabu, mengatakan telur dari Elang Jawa di sarang yang berlokasi di kawasan Cimande Bidang PTN wilayah III itu pertama kali terpantau pada 27 Agustus dan menetas sekitar 3 September 2023.

Bacaan Lainnya

“Tim monitoring mendapati telur tersebut dalam proses pengeraman dan diketahui telah menetas, sehingga jumlah Elang Jawa muda di kawasan Gunung Gede Pangrango yang semula dua ekor bertambah menjadi tiga ekor,” katanya.

Sebelumnya dua ekor anak Elang Jawa yang menetas di kawasan Gunung Gede Pangrango pada 3 Juni 2023 di Resort PTN Cibodas dan tanggal 13 Juni 2023 di Resort PTN Tapos, sedangkan yang terbaru menetas tanggal 3 September 2023 di Resort PTN Cimande.

Pihaknya memperkirakan jumlah anak Burung Garuda itu akan terus bertambah karena beberapa waktu lalu tim monitoring menemukan ada 10 sarang lainnya yang terdapat telur, sehingga pemantauan akan terus dilakukan sambil menunggu proses pengeraman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *