PENDIDIKAN

SMP PGRI Cikembar Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah

SUKABUMI – Para pelajar SMP PGRI Cikembar Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, mengikuti sejumlah perlombaan yang diselenggarakan di halaman SMP PGRI Cikembar, belum lama ini.

Sejumlah kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan 1 Muharam 1439 Hijriyah.

Kepala SMP PGRI Cikembar, Yandra Kasdiansyah mengatakan, ada sejumlah perlombaan yang digelarnya, seperti Lomba Cerdas Cermat (LCC), lomba azhan, MTQ, busana muslim dan yang lainnya.

Perlombaan tersebut merupakan salah satu cara untuk menyalurkan bakat dan minat para pelajar dalam bidang keagamaan. Selain itu juga kegiatan ini untuk menjalin tali silaturahim, kekeluargaan dan juga rasa kebersamaan bagi para pelajar.

“Dengan semakin mapannya kerjasama, maka kualitas peserta didik dalam membangun kerukunan antar sesama pun akan ikut meningkat juga,” kata Yandra kepada Radar Sukabumi, kemarin (11/10).

Ia berharap, ekses dari kegiatan yang dilakukannya itu berdampak positif bagi para pelajar, khususnya untuk peranan generasi muda dalam ikut berpartisipasi mensukseskan program pembangunan nasional yang religius.

“Sehingga tidak ada waktu yang terbuang percuma dan justru sebaliknya, kegiatan lomba bernuansa keagamaan itu bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas keimanan generasi muda kususnya anak didik kami,” paparnya.

Yandra menambahkan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan SMP PGRI Cikembar untuk memeriahkan hari besar agama Islam.

Apalagi, perlombaan ini juga sebagai pembentukan karakter terhadap pelajar. Dimana, para pelajar dituntut untuk mengikuti kegiatan.

“Beragam pembekalan dan pencerahan pelajaran Agama Islam yang didapat dari kegiatan lomba ini juga bisa membentengi generasi muda dari pengaruh negatif budaya asing serta bisa mencegah terjadinya degradasi moral kususnya unsur generasi muda dan membentengi remaja dari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Ia menerangkan, peringatan tahun baru Islam 1 Muharram hakikanya untuk mengenag kembali peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dalam mengemban misi dakwahnya.

Hijrah itu, bukan sekedar pindah tempat tinggal atau tempat pindah rumah, tetapi hijrah ini merupakan perintah tuhan juga merupakan strategi perjuangan dalam dakwah Islam.

“Maka dari itu, dengan adanya kegiatan ini para pelajar dapat mengambil hikmahnya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga bisa mencerminkan pelajar dilingkungan masyarakat,” pungkasnya. (Cr16/t)

 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close