Home » Berita » Kadisdik: Sekolah Lima Hari Belum Diterapkan
BELAJAR: Sejumlah siswa sedang mengikuti mata pelajaran olahraga di Lapangan SMPN 5 Kota Sukabumi.

Kadisdik: Sekolah Lima Hari Belum Diterapkan

SUKABUMI – Kepala Dinas P dan K, Dudi Fathul Jawad mengatakan, program lima hari sekolah masih belum diterapkan di sekolah-sekolah Kota Sukabumi. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk pelaksanaan program ini. “Sekolah lima hari masih jadi program,” terangnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Wakil Kurikulum SMPN 5 Kota Sukabumi, Faridah Priatin (50). Ia mengatakan, untuk program sekolah lima hari masih belum diterapkan.

Program dilaksanakan di semester II tahun ajaran 2016/2017, namun belum ada yang menerapkannya. Hal ini masih dalam program pemerintah, meskipun akan ada yang setuju dan tidak dalam penerapannya.

“Bila program memang harus diterapkan, pasti sekolah akan mempersiapkannya,” terang Faridah.

Persiapan sekolah bila program ini diterapkan, harus ada konstribusi dengan jadwal belajar siswa. Berdasarkan kurikulum yang diterapkan pada siswa kelas VII Kurikulum 2013, kelas VIII dan IX menggunakan Kurikulum 2006 di SMPN 5 Kota Sukabumi membutuhkan pengaturan jadwal yang sulit, karena siswa sudah terbiasa memiliki jadwal pulang cepat, terutama pada kelas VII dan IX. “Distribusi jam pasti akan dipadatkan sampai sore,” jelasnya.

Pengaruh bagi siswa tentunya akan bermanfaat bagi siswa yang menangkap peluang untuk mau belajar sungguh-sungguh. Adanya pemadatan jadwal di sekolah, sisa waktu harus dipergunakan dengan baik, orang tua harus ikut bertanggung jawab ketika siswa tidak memanfaatkan waktunya, dan sekolah juga harus ikut memfasilitasi untuk kegiatan-kegiatan di luar pembelajaran kelas seperti ekstrakurikuler.

“Siswa akan mengalami peningkatan prestasi berdasarkan peluang yang mereka manfaatkan,” terangnya.

Dampak program ini kembali lagi pada semua pihak, mulai dari pendidik, orang tua, dan sistem pendidikan. Bila berkolaborasi dengan baik maka akan meningkatkan pembelajaran siswa. Harus ada sosialisasi sebelum program ini dilaksanakan agar semua pihak mengerti dan mengikuti program ini tanpa ada masalah.

(cr12/d)

(Visited 41 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hobi Jadi Prestasi

Biasanya setiap pelajar saat pulang sekolah langsung istirahat atau bermain. Namun berbeda yang dilakukan siswa ...