Home » PENDIDIKAN NASIONAL » Tunjangan Guru Jabar Naik Rp600 Ribu
Gambar Ilustrasi

Tunjangan Guru Jabar Naik Rp600 Ribu

BANDUNG – Usai pengambilalihan kewenangan pengelolaan SMA/SMK dari kabupaten/kota, Pemprov Jabar akan meningkatkan sarana dan prasarana salahsatunya menaikan tunjangan profesi pendidik (TPP).

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menangatakan TPP untuk guru SMA/SMK dialokasikan minimal di angka Rp600 ribu per orang.

“Mulai sekarang, guru setiap bulan ada tambahan penghasilan Rp 600 ribu minimal,” ucap Aher kepada wartawan, pada Selasa (10/1).

Kenaikan TPP tersebut akan diterapkan di sejumlah daerah yang angka sebelumnya hanya berkisar Rp150 ribu hingga Rp350 ribu. Namun bagi daerah yg menetapkan TPP di atas Rp600 ribu tetap dipertahankan.

“Hampir seluruhnya (kota/kabupaten) naik (TPP). Yang di atas Rp600 ribu hanya ada tiga kota dan satu kabupaten yaitu Kota Bekasi, Kota Banjar, Kota Cirebon, dan Kabupaten Bekasi,” tuturnya.

Lanjut Aher, kenaikan TPP guru akan dilakukan dilakukan secara bertahap dan belum bisa disamakan dengan pegawai lainnya. Sebab, jumlah guru yang kini menjadi pegawai Pemprov berjumlah sekitar 28 ribu guru yang menjadi ASN provinsi.

Meski begitu, Aher berjanji akan ada penyesuaian tunjangan secara bertahap. Untuk memberikan kesejahteraan kepada guru yang memiliki peran besar terhadap generasi bangsa.

“Mudah-mudahan tahun depan (TPP) bisa Rp 1 juta rupiah untuk guru se-Jawa Barat. Tiap tahun akan ada kenaikan sampai TPP ideal,” ujarnya.

(jar/rmo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mendikbud: Dosa Besar Saya Bila Membunuh Madrasah Diniyah

JAKARTA – Penolakan berbagai pihak ?terhadap kebijakan sekolah lima hari membuat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ...