Home » KOTA SUKABUMI » Ini Cara SMPN 6 Tingkatkan Kualitas Siswa

Ini Cara SMPN 6 Tingkatkan Kualitas Siswa

SUKABUMI – Kepala SMPN 6 Kota Sukabumi, Adis Mulyana memiliki cara untuk meningkatkan kualitas dan menghindari hal buruk pada siswa. Menurutnya, melakukan komunikasi antara guru dan siswa menjadi hal penting.

“Untuk mempererat hubungan antara guru dan orang tua biasa dilaksanakan ketika pembagian rapor, orang tua mengikuti kegiatan muhasabah sebelum UN,” terang Adis.

Dalam pertemuan dengan orang tua siswa, guru akan menjelaskan program sekolah, kegiatan-kegiatan apa saja yang harus dihadapi siswa, serta ada undangan orang tua dalam acara-acara sebagai bentuk apresiasi orang tua dengan siswa.

Pertemuan orang tua sudah dilaksanakan waktu pencanangan gerakan literasi sekolah untuk memberikan penjelasan agar orang tua memahami kebutuhan siswa dalam pembelajaran.

“SMPN 6 sebagai salah satu sekolah penggerak JLRC Jawa Barat, sehingga harus ada komunikasi antara komunikasi dengan orang tua berkaitan dengan jadwal tambahan siswa,” jelasnya.

Pertemuan antara guru dan orang tua biasanya dikelola oleh wali kelas masing-masing, karena orang tua siswa di sekolah adalah wali kelas.

Setiap orang tua siswa akan dipanggil ke sekolah untuk membahas perkembangan siswa.

Panggilan pada orang tua bukan hanya pada siswa yang bermasalah, juga pada siswa berprestasi, siswa yang kurang berprestasi, siswa yang tidak memiliki masalah.

“Komunikasi antar individu selalu ada untuk bimbingan, pengarahan. Seperti bila siswa nilainya bagus, maka akan ada masukan dari sekolah ke mana akan melanjutkan sekolah, sesuai tingkat kemampuan dan bakat siswa,” tukasnya.

Sekolah juga harus memberikan informasi pada orang tua. Orang tua harus peduli pada siswa untuk sering berkomunikasi dengan wali kelas, karena yang banyak menghabiskan waktu di luar sekolah adalah orang tua dengan ikut terlibat memberi bimbingan serta pengarahan pada siswa.

“Orang tua dan wali kelas harus sering berkomunikasi,” tuturnya.

Banyak keuntungan dari komunikasi antara orang tua dengan siswa, di antaranya siswa dapat terpantau.

Menurutnya, ada kendali dari kedua belah pihak yakni orang tua dengan guru, melaporkan tahap-tahap perkembangan anak, agar orang tua mengetahui kekurangan dan kelebihan anak.

“Keinginan orang tua dan minat siswa dapat diselaraskan melalui komunikasi yang sering dilakukan guru dan orang tua,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu orang tua siswa, Nyinyi Sukaesih (44) mengatakan, komunikasi harus sering dilakukan untuk mengetahui minat dan bakat siswa, sehingga orang tua dapat membantu mengarahkan dan memfasilitasi.

Orang tua harus memiliki inisiatif sendiri untuk berkomunikasi dengan wali kelas sebagai bentuk perhatian orang tua dalam mendukung perkembangan siswa.

“Orang tua harus peduli pada perkembangan anaknya dengan sering bertukar informasi pada wali kelas,” tuturnya.

(cr12/d)

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

SMPN 10 Adakan Maulid Nabi

SUKABUMI – SMPN 10 Kota Sukabumi melaksanakan kegiatan Maulid Nabi di lapangan sekolah, pada Jumat ...