Home » PENDIDIKAN KOTA SUKABUMI » Dukungan Alumni Jadi Motivator
PRESTASI: Siswa SMPN 6 Kota Sukabumi meraih juara dalam lomba Paskibra dan PMR.

Dukungan Alumni Jadi Motivator

SUKABUMI – Mendapatkan prestasi tentu menjadi kebanggaan. Seperti yang ditorehkan siswa SMPN 6 Kota Sukabumi. Mereka berhasil menyabet penghargaan juara favorit 1 Paskibra di SMAN 1 Kota Sukabumi dan Juara Umum PMR di SMK PGRI Kota Sukabumi 2016 lalu.

Untuk juara umum PMR, SMPN 6 Kota Sukabumi menang di kategori pertolongan pertama, tandu, Pendidikan Remaja Sebaya (PRS) konseling seperti menjelaskan mengenai kesehatan tentang narkoba dan lainnya, serta kabaret.

Ade Sobandi (39), Kesiswaan di SMPN 6 Kota Sukabumi mengatakan, untuk pelatihan ekskul secara rutin dilaksanakan satu minggu sekali. Seperti pelatihan Paskibra setiap Jumat dan PMR setiap Rabu. Akan tetapi, bila ada perlombaan maka akan dilaksanakan pelatihan setiap hari. “Pelatihan selalu dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan siswa di ekskul masing-masing,” terang Ade.

Untuk memotivasi siswa agar rajin berlatih hingga meraih penghargaan, tentu pembina akan terus mendorong siswa berlatih secara terus menerus, agar siswa tidak putus asa, dan menekankan pada siswa bahwa SMPN 6 sudah sering menang dalam setiap perlombaan. “Hal itu akan selalu saya tekankan pada siswa,” jelasnya.

Selain ada dukungan dari pihak sekolah, ada pula dukungan dari alumni yang ikut membantu dalam pelaksanaan setiap kegiatan. Seperti ekskul, banyak dari alumni yang datang untuk membantu. Pengetahuan yang dimiliki alumni di sekolah masing-masing berkaitan dengan ekskul di sekolah memberikan pengetahuan tambahan bagi siswa. Sehingga siswa akan lebih rajin lagi dalam setiap pelatihan. “Ada komunikasi yang terjalin antara sekolah dengan alumni,” tukasnya.

Banyak keuntungan bagi siswa, yakni adanya pembiasaan untuk mengikuti kompetisi agar siswa dapat berkembang, apalagi dengan sulitnya kompetisi pada saat ini, bila generasi penerus sudah dibiasakan untuk bersaing, maka mereka tidak akan mudah menyerah untuk kalah. Juga memberikan pendidikan di luar kelas pada siswa, karena ada beberapa pembelajaran yang tidak bisa dipelajari di dalam kelas.

“Banyak pengetahuan yang bisa didapatkan oleh siswa di ekskul masing-masing. Seperti di Paskibra, pengetahuan baris berbaris, kedisiplinan dan kekompakan. Bila di PMR ada pengetahuan tentang kesehatan, pengetahuan tentang penyalahgunaan narkoba dan lainnya yang tidak bisa didapatkan di dalam kelas,” paparnya.

Sementara itu, Siti Riska (15) salah seorang siswi yang aktif di ekskul PMR SMPN 6 Kota Sukabumi mengatakan, banyak keuntungan yang bisa didapatkan selain menambah wawasan siswa. Ada beberapa bidang yang bisa dikuasai siswa terutama dalam ekskul PMR, seperti tandu, pertolongan pertama, PRS konselor, kabaret, dan dapur umum. “Banyak pengetahuan yang akan berguna di masa depan nanti,seperti membantu korban bencana dan lainnya,” tuturnya.

(cr12/t)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kemampuan Literasi Anak-anak Indonesia Lemah

BANDUNG—¬† Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdaya Perempuan dan Anak (P2TP2A) Jawa Barat, Netty Heryawan¬† miris ...