Home » PENDIDIKAN KABUPATEN SUKABUMI » SMK Teknika Jawara Pencak Silat
FOTO: PANJI/RADARSUKABUMI MEMBANGGAKAN: Pelajar SMK Teknika, Fajar Maulana bersama Pembina Pencak Silat, Yusep saat menunjukkan medali dan piagam penghargaan.

SMK Teknika Jawara Pencak Silat

FOTO: PANJI/RADARSUKABUMI MEMBANGGAKAN: Pelajar SMK Teknika, Fajar Maulana bersama Pembina Pencak Silat, Yusep saat menunjukkan medali dan piagam penghargaan.

FOTO: PANJI/RADARSUKABUMI
MEMBANGGAKAN: Pelajar SMK Teknika, Fajar Maulana bersama Pembina Pencak Silat, Yusep saat menunjukkan medali dan piagam penghargaan.

SUKABUMI – Seorang pelajar SMK Teknika Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi, yakni Fajar Maulana pelajar kelas XI otomotif, kembali meraih prestasi kali keduanya di bidang pencak silat. Pertama, Juara III kelas G 66 – 71 kg dalam Open Turnamen Pakubumi Cup I 2016 dilaksanakan di TMII Jakarta pada 22 – 25 Mei 2016 tingkat pelajar memperebutkan Piala Pembina IPSI DR (HC) H Eddie M. Natapraya dan Juara I kelas G 66 – 71 kg tingkat nasional di Ciamis pada 23 – 25 Agustus 2016 dengan memperebutkan piala Guru Besar Padepokan Pajajaran.

Pembina Pencak Silat SMK Teknika, Yasin mengatakan, untuk di sekolah ini ekstrakurikuler baru dibentuk selama dua tahun lalu.

“Kami membentuk ekstrakurikuler pencak silat lebih kepada menghargai budaya terutama orang Sunda, meski baru tetapi bisa menghasilkan prestasi,” tutur Yasin kepada Radar Sukabumi.

Ia menambahkan, Perguruan Pajajaran berpusat di Tasikmalaya dan rencananya membuka cabang di Sukabumi. Dalam hal ini, pihak sekolah bekerja sama dengan perguruan tersebut, maka semua program yang diterapkan dijalankan pula di SMK Teknika seperti jurus, program pelatihan, dan lainnya. Pihak Pajajaran pun selalu memonitoring.

Tidak hanya itu, imbuhnya, sekolah ini lebih cenderung mengedepankan pencak silat dan yang paling ditonjolkan pada tanding.

“Di sekolah ini untuk latihan ekstrakurikuler pencak silat selama dua kali dalam satu minggu dan lebih menerapkan kedisiplinan serta life skill,” akunya.

Ia menerangkan, anak tersebut memiliki motivasi yang tinggi, latihannya semangat dan lebih mengembangkan di rumahnya sendiri.
“Semoga prestasi tersebut dimanfaatkan di masa depan, serta bisa mengangkat nama baik sekolah dan daripada tanding di luar lebih baik tanding di arena,” tuturnya.

Sementara itu, Pelajar Berprestasi, Fajar Maulana mengatakan, dengan pencak silat bisa menambah wawasan dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat, serta bisa lebih mengembangkan khususnya hasil dari prestasi yang diraih.
“Alhamdulillah kami bersyukur atas raihan prestasi ini dan bisa membanggakan kedua orang tua serta sekolah,” katanya.

Ia menambahkan, dirinya langsung dibawa ke Ciamis untuk mengikuti pertandingan yang bersaing dengan 20 peserta dan dalam final sendiri melawan dari daerah Ciamis sebagai tuan rumah. “Semoga dengan pencak silat SMK Teknika lebih baik dan terus menambah prestasi yang membanggakan,” pungkasnya.

(cr6/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dua Ruang Kelas SDN 2 Caringin ‘Dipercantik’

SUKABUMI – SDN 2 Caringin Kampung Lio Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi sedang mengalami rehab dua ...