Persipura Juara Trofi ISC 2016 di Markas Sendiri

0
39
PANTAS JUARA-Manager Persipura, Rudy Maswi dibopong anak-anak Mutiara Hitam usai Persipura mengalahkan Persegres Gresik United di Stadion Tri Dharma Gresik, Minggu (11/12).

Persipura memastikan sebagai juara Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 secara meyakinkan. Pada laga terakhir, tim asuhan Angel Alfredo Vera tersebut mengalahkan PSM Makassar dengan skor 4-2, Minggu (18/12).

Lebih membanggakan, kemenangan dan kepastian menjadi juara ISC 2016 dilakukan di markas sendiri, Stadion Mandala.

Mutiara Hitam – julukan Persipura, sebenarnya hanya butuh seri untuk memastikan gelar juara ISC 2016. Namun, seperti yang dikatakan pelatih Angel Alfredo Vera, para pemain menargetkan kemenangan demi memuaskan publik Mandala. Memastikan diri menjadi juara ISC 2016 dengan kemenangan tentunya akan lebih membanggakan.

Menjamu PSM, Imanuel Wanggai cs tampil dominan sejak awal. Mereka langsung unggul 2-0 saat laga berumur 25 menit. Ferinando Pahabol mencetak dua gol pada menit ke-21 dan 25.

Hebatnya, 4 gol dihasilkan di babak pertama. Dua gol lain merupakan kreasi dari Edward Wilson Junior menit ke-41 dan Osvaldo Ardiles Haay menit ke-45.

Tak ada tambahan gol di babak kedua bagi Mutiara Hitam. Meski Persipura memiliki sejumlah kesempatan, lapangan yang becek dan tergenang air membuat merek kesulitan menambah gol. Sepanjang babak kedua memang hujan turun cukup deras.

ustru Juku Eja – julukan PSM, yang berhasil mencetak gol lewat Rasyid Bakri pada menit 84 dan 90.

Gelar juara ISC 2016 setidaknya menjadi pelipur bagi penyerang timnas Indonesia, Boaz Solossa yang gagal menjuarai Piala AFF 2016. Seperti diketahui, Boaz absen membela Persipura dalam beberapa laga sampai pekan terakhir lantaran harus memperkuat Merah Putih di Piala AFF 2016.

Mutiara Hitam juara ISC 2016 dengan total mengumpulkan 68 poin. Dari 34 laga, mereka menang 20 kali, seri 8 kali, dan hanya 6 kali kalah. Persipura mengemas 53 gol dan kemasukan 25 gol. Rata-rata para pemain Persipura mencetak 1,6 gol per partai.

Ian Louis Kabes cs memiliki rekor kandang 17 main, 12 kali menang, 4 kali seri, dan hanya 1 kali kalah. Mereka memasukkan 33 gol dan kemasukan 12 gol. Sedangkan rekor tandang adalah 17 main, 8 menang, 4 seri, dan 5 kalah dengan mencetak 20 gol dan kemasukan 14 gol.

Menariknya, Persipura tak berjalan mulus dalam meraih gelar juara ISC 2016. Mereka tertatih-tatih di awal bersama pelatih Jafri Sastra. Kekalahan 0-2 di kandang Madura United pada pekan ke-13 membuat Jafri Sastra mundur. Manajemen Persipura lantas menggaet Angel Alfredo Vera sebagai pelatih baru dan mulai bekerja pada pekan ke-14. Dia menandai dengan kemenangan 2-1 atas tuan rumah Bhayangkara FC.

Gelar juara tersebut juga menjadi penghapus kekecewaan setelah mereka gagal juara ISL 2014. Kemudian di beberapa turnamen yakni Piala Presiden dan Piala Jenderal Sudirman mereka juga gagal meraih gelar juara.

Ada hal menarik terkait keberhasilan Persipura menjadi juara Piala AFF 2016. Gelaran ini dimulai di Jayapura saat Persipura menjamu Persija Jakarta dan berkesudahan 1-1. Mereka mengakhiri ajang ini di Jayapura dengan kemenangan dan memastikan sebagai kampiun. Selamat, Mutiara Hitam! (epr/JPG)

 

(Visited 103 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here