MD Al-Islamiyah Terapkan Pembelajaran Kitab Kuning

SUKABUMI — Madrasah Diniyah (MD) Al-Islamiyah yang berlokasi di Kelurahan Jayaraksa Kecamatan Baros Kota Sukabumi, mewajibkan peserta didiknya mempelajari kitab kuning.

Hal tersebut, dilakukan guna mencapai salah satu tujuan sekolah untuk mencetak peserta didik yang berakhlakul karimah.

Salah seorang guru MD Al-Islamiyah, Gin Gin didampingi Tata Usaha (TU) Ujang Mulyadi mengatakan, ada berbagai metode pembelajaran kitab kuning yang diajarkan di MD Al-Islamiyah.

Salah satunya, metode yang dikenal dengan istilah sorogan.

“Sebelum dimulai pembelajaran kurikulum, peserta didik diwajibkan membaca kitab terlebih dulu dan artinya dalam bahasa sunda. Alhamdulillah pelajar kelas empat samapai enam sudah bisa membaca kitab,” kata Gin Gin kepada Radar Sukabumi, kemarin (2/11).

Dijelaskan dia, metode sorogan merupakan salah satu cara pembelajaran kitab kuning yang lebih menuntut para pelajar untuk lebih mandiri, baik dalam mencari kosakata atau makna serta kedudukan masing-masing kalimat menurut tinjauan ilmu alat nahwu dan sarof.

“Satu persatu semua pelajar harus ikut sorogan, masing-masing mereka harus bisa membaca sendiri, memaknai serta menjelaskannya,” jelasnya.

Menurutnya, hal itu dilakukan agar para pelajar tidak hanya bisa membaca, tetapidapat mendalami isi kandungan yang berada dalam kitab yang dipelajarinya dan bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sementara, kelas satu samapai tiga diajarkan cara membaca kitab safina dan artinya,” imbuhnya.

Ia berharap, para pelajar ini bisa mendalami agama sejak dini, supaya ke depannya tingkat spiritualitas para peserta didik lebih terarah serta, mempunyai benteng pertahanan aqidah akhlak yang kuat.

Dengan begitu, peserta didik ini tak mudah teriming-imingi sesuatu yang berbau ajaran sesat.

“Kami yakin dengan dasar agama yang kuat maka akan meningkatkan ke imanan dan ke taqwaan nya,” pungkasnya. (cr16/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *