Home » UTAMA » Ternyata Ini Penyebabnya, Meriam Buatan Tiongkok Tewaskan 4 Prajurit TNI
MEMATIKAN: Giant Bow tipe 80 seperti inilah yang mengalami insiden di Natuna kemarin. Senjata bikinan Tiongkok ini bisa memuntahkan 2.000 peluru dalam semenit. (FERY PRADOLO/INDOPOS/JPG)

Ternyata Ini Penyebabnya, Meriam Buatan Tiongkok Tewaskan 4 Prajurit TNI

Senjata berjenis meriam milik TNI yang diduga meledak di Tanjung Datuk, Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (17/5) pukul 11.00 WIB, disebut-sebut dalam keadaan laik. Insiden tersebut terjadi saat gladi bersih Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC).

Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin menyatakan, meriam buatan China merek Chang Chong itu masuk ke Indonesia pada 2008. “Jadi kalau disebut usang memang belum lah. Masih laik kalau menurut hemat saya, sangat laik untuk ukuran baru tujuh tahun,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/5).

Senjata itu dibeli oleh TNI dan ditempatkan di batalyon artileri pertahanan udara kostrad. “Misal batalyon Arhanud I Kostrad Divisi Infanteri I yang berkedudukan di Tangerang,” tutur pria yang akrab disapa Kang TB itu.

Karena itu, komisi I DPR, katanya, sudah meminta dengan hormat kepada TNI untuk melaporkan hasil investigasi penyebab mengapa meriam tersebut bisa meledak. “Kita akan meminta untuk menjelaskannya di komisi I, kepada TNI khususnya TNI AD. Mengapa sebab sebab itu, nanti hasilnya seperti apa, ya kita lakukan sebuah keputusan yang terbaik,” tutur politikus PDIP itu.

Sebelumnya, saat gladi bersih Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) di Tanjung Datuk, Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (17/5) pukul 11.00 WIB, meriam buatan China merek Chang Chong meledak. Akibatnya, empat prajurit tewas dan tujuh lainnya luka-luka. (dna/JPG)

loading...

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

KPK Tangkap Tangan Auditor BPK dan Pejabat Kemendes!

Pemberantasan Korupsi dikabarkan melakukan sejumlah ...