Home » POLITIK » Mengenal Sosok Agung Suryamal, Pengusaha yang Siap Maju di Pilgub Jabar

Mengenal Sosok Agung Suryamal, Pengusaha yang Siap Maju di Pilgub Jabar

Menjelang Pilkada Jawa Barat 2018, sejumlah formasi mulai terbentuk. Beberapa nama tokoh politik juga sudah dipastikan akan meramaikan kontesasi ini. Yang terbaru datang dari Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Jawa Barat, Agung Suryamal yang menyatakan siap bersaing memperebutkan kursi Jabar Satu.  Agung mengaku kesiapannya maju di Pilgub Jabar 2018 mendapat dukungan dari berbagai tokoh politik, dan elemen masyarakat. Hal ini dianggapnya  menjadi “modal” awal untuk bersaing di Pilgub Jabar nanti.

“Saya mendapat dorongan dan dukungan, sebagai warga Jabar dengan sepenuh hati dan ikhlas saya siap maju (ke Pilgub Jabar). Ini modal awal untuk saya,” ujar Agung di Bandung.

Keyakinan Agung pun semakin kuat ketika beberapa partai politik (parpol) mulai memberi sinyal untuk mendukungnya. Bahkan, diakatakannya, komunikasi pencalonan ke Pilgub Jabar bersama sejumlah parpol terbilang cukup intens.  Hanya saja, dirinya masih enggan “membocorkan” parpol mana saja yang tertarik untuk “meminangnya”.

“Beberapa partai sudah mengkomunikasikan hal  ini, bila waktunya sudah  tepat baru kita akan publikasi ke media. Yang jelas, parpol tersebut memang ingin mecari figur diluar kader dari kalangan profesional yang mumpuni,” terang mantan Ketua HIPMI Jabar periode 2002- 2008, ini.

Meski masih sebatas rencana pencalonan, Agung rupanya telah menyusun  visi besar yakni membangun Jawa Barat Berkarakter, Berdaya Saing, dan Berkeadilan. Agung optimis visi ini dapat membawa pembaharuan, dan menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat Jawa Barat.

“Insya Allah, bila diamanahkan saya akan menjalankan visi tersebut dengan penuh dedikasi untuk membawa pembaharuan yang lebih baik bagi Jawa Barat,” tegasnya.

Sebagai informasi tambahan, ketika menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua Umum KADIN periode 2003- 2008,  KADIN bekerjasama dengan Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) menginisiasi pembangunan bandara internasional Jawa Barat di Kertajati Majalengka. Posisi Agung sebagai wakil pada saat itu dinilai cukup krusial atas gagasan- gagasannya dalam mendorong percepatan pembangunan bandara yang disebut- sebut sebagai bandara terluas di Indonesia.

Pria kelahiran Bandung 52 tahun silam ini pun dikenal sebagai tokoh  penggerak ekonomi kerakyatan Jabar, sekaligus pemilik Pasar Induk Caringin Bandung.

Kini bisnisnya bergerak di sektor migas dan beberapa bisnis lain yang tersebar di Jakarta dan Jawa Barat.  Dengan eksistensinya tersebut Agung memiliki jaringan yang cukup luas mulai dari kalangan pengusaha, politisi, hingga birokrat dari dalam dan luar negeri.

Sejak mengenyam pendidikan di Institut Teknologi Nasional (ITENAS) hingga di Sekolah Tinggi Hukum Bandung (STBH), Agung selalu aktif terlibat dalam sejumlah organisasi kepemudaan dan keagamaan serta memegang jabatan penting seperti, Wakil Ketua PMI JABAR ( 2011-2016 ), Penasehat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Penasehat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) , Bendahara BAMUS Sunda Pusat.

Kemudian Agung juga pernah menempati posisi sebagai Dewan Pakar AMS (Angkatan Muda Siliwangi), Dewan Pakar INTI (Ikatan Tionghoa Indonesia) Jawa Barat, Dewan Pembina Pengusaha Pribumi Jawa Barat, Dewan Kehormatan HIPMI Jawa Barat, Penasehat Perpit (Perhimpunan Pengusaha Tionghoa) Jawa Barat, Dewan Pembina ISMI (Ikatan Saudagar Muslim) Jawa Barat, dan juga Dewan Pakar ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia) Jawa Barat.

Selain itu, sang putera daerah ini memiliki hubungan erat dengan pemuda Muhammadiyah. Gagasan besar akhir-akhir ini, Agung menyatakan kepada para generasi muda Muhammadiyah, untuk menjalankan “Jihad Ekonomi” yakni sebuah gerakan yang mengupayakan kesejahteraan umat,  yang diiringi dengan kemajuan spritual.

“Berbekal dari pengalaman membina ratusan UKM di Jabar, saya ingin melanjutkan perjuangan didukung dengan teman- teman Muhammadiyah yang sama- sama memiliki tujuan, dan niat yang sama yakni ingin membangun Jawa Barat menjadi lebih baik, terutama di bidang ekonomi,” imbuh agung

Selain “Jihad Ekonomi”, Agung juga menggulirkan beberapa program perekonomian, antarala lain Gerakan Wirausaha Desa (Garuda), Santripreneur, Youth Enterpreuneur Movement (YEM), Pertumbuhan Wirausaha Baru (Perahu).

“Alhamdulillah, sejak digulirkan, program tersebut mendapat respon positif dari masyarakat. Ini menjadi motivasi untuk saya sebagai anak bangsa berkarya membangun fondasi ekonomi ke depannya,” imbuhnya.

Hingga saat ini, Agung terus aktif menularkan semangat berwirausaha kepada masyarakat melalui diskusi publik, seminar, kuliah umum di kampus-kampus dan narasumber diberbagai acara. Selain menyebarkan semangat berwirausaha, Agung kini terus mendengar dan menyerap aspirasi masyarakat Jawa Barat. (Jawa Barat Media)

loading...

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dibubarkan, HTI Tetap Berdakwah

Sepekan pasca pengumuman Peraturan Pengganti ...