Home » JAWA BARAT » CIANJUR » Kota Hantu Cipanas, Penampakan Real Estate Terbengkalai
Seram! Nih Penampakan Kota Hantu yang Dipenuhi Real Estate (Radar Cianjur)

Kota Hantu Cipanas, Penampakan Real Estate Terbengkalai

Keberadaan vila di komplek real estate wilayah Pacet dan Cipanas dikeluhkan warga. Bangunan tersebut dianggap mubazir dan beralihfungsi sehingga merugikan pemerintah karena banyak pemilik yang menunggak pajak.

Sekretaris Umum Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Tata Ruang Megapolitan Ade Kosasih mengatakan, maraknya alih fungsi lahan dari lahan pertanian dan perkebunan menjadi real estate menyebabkan pekerjaan warga sekitar menjadi hilang. Apalagi saat ini real estate banyak seperti kota hantu.

“Dengan banyaknya vila yang tidak terawat, kumuh, dan hancur jelas sangat merugikan. Pajak ke pemerintah pun macet dan mempersempit lapangan pekerjaan serta mata pencaharian warga lokal,” paparnya kepada Radar Cianjur (Jawa Pos Group).

Menurutnya, perumahan real estate yang telah lebih 20 tahun berdiri, pengurusan fasilitas umum dan sosialnya seharusnya dialihkan kepada pemkab. Untuk selanjutnya diberikan kepada warga sekitar, karena warga banyak membutuhkannya.

”Banyak masyarakat Pacet dan Cipanas yang tak punya rumah, namun real estate yang dulunya berdiri luas, megah, dan mewah kini seperti kota hantu,” tuturnya.

Dijelaskannya sejumlah komplek real estate di Cipanas, Pacet, dan Cipanas banyak bangunan vila yang tidak digunakan dan terbengkalai. Misalnya di Desa Sindanglaya, Desa Cipendawa, Desa Ciherang, dan Gadog.

“Kita butuh tata ruang yang mampu menumbuhkan sektor ekonomi kerakyatan, tanpa merusak tatanan lingkungan yang ada. Ini butuh ketegasan pemerintah, demi generasi mendatang,” pungkasnya. (fhn/pj/yuz/JPG)

loading...

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Warga Cicadas Cianjur Hidup Berdampingan dengan Kawanan Monyet

CIANJUR – Beberapa waktu lalu, ...