Home » HISTORIA » Inilah Kisah Hantu Gentayangan di Istana

Inilah Kisah Hantu Gentayangan di Istana

Ada Noni Belanda Jalan-Jalan dan Bocah-Bocah Berlarian di Tengah Malam

Bangunan tua peninggalan Belanda selalu menyimpan cerita mistis dari mulut ke mulut. Begitu pula dengan Istana Merdeka.

Laporan; Natalia Fatimah, Jakarta

BERDIRI sejak 142 tahun lalu, bangunan megah yang dulu bernama Istana Koningsplein itu juga terkenal dengan cerita-cerita hantunya. Seorang pekerja yang sudah hampir 17 tahun berada di Istana Merdeka pun mengisahkan hal itu.

Pekerja yang tak ingin disebutkan namanya itu mengatakan, sejak dulu di pelataran depan Istana Merdeka ada yang bisa melihat seorang noni Belanda mondar-mandir setiap tengah malam.  “Pakai gaun zaman Belanda gitu. Teman saya yang pernah lihat sampai takut, enggak berani lewat tengah malam,” kata pekerja itu.

Bukan hanya itu. Sering pula terdengar suara anak-anak berlarian di lorong depan istana pada malam hari. Entah, apa yang pernah terjadi di sekitar tempat itu di masa pemerintahan Gubernur Jenderal J.W. van Lansberge.

Namun, kata si pekerja itu, suara-suara anak tersebut terdengar sangat senang. Bahkan suara derap langkah mereka berlarian terdengar jelas.

Bukan hanya pekerja ini yang mendengar itu. Menurutnya, sempat pula tersiar kabar bahwa Ani Yudhoyono saat masih menjadi ibu negara juga  pernah mendengar suara-suara anak berlarian di lorong istana.

“Pak SBY dan Bu Ani kan dulu tidur di Istana Merdeka. Tapi setelah itu enggak lama pindah ke Istana Negara yang belakang. Dengar-dengar cerita Bu Ani minta pindah karena itu, tapi ada yang bilang karena mau renovasi saja bukan karena hantu,” kata sang pekerja.

Kisah tentang ‘penampakan’ tidak hanya di lorong istana. Di bagian samping istana juga ada sebuah pantri kecil yang mirip ruang bawah tanah karena pintunya sangat rendah. Di situ juga ada desas-desus hantu yang menerima telepon.

Pantri itu masih bagian dari istana. Hanya saja tempatnya cukup tersembunyi karena sangat rendah. Yang masuk ke pantri pun harus menunduk karena pintunya sangat rendah.

Menurut si pekerja, tidak ada yang berani ke pantri itu pada tengah malam karena sering terdengar bunyi telepon dari dalam. “Dulu ada telepon jadul di dinding. Pernah teman saya di pantri mengira ada orang, karena kelihatan ada kaki lagi berdiri seolah sedang terima telepon. Eh pas ditengok, kosong enggak ada orangnya,” kata si pekerja.

Lewat tengah malam, katanya, tidak semua orang berani berkeliling di dalam kompleks istana. Maklum, banyak juga pohon-pohon tua besar di halaman. Meski tak ada cerita hantu, tetap saja ada yang takut.

Ada juga cerita mistis lainnya tentang sumur tua samping kiri Istana Merdeka yang berdampingan dengan kantor wakil presiden. Si pekerja mengatakan, dari sumur tua itu sering ada hantu yang lebih menakutkan. Hantu mirip perempuan itu keluar dari dalam sumur.

“Paspampres dulu ada yang lari kebirit-birit pas jaga malam lihat hantunya keluar dari sumur,” tuturnya.

Kini, kata dia, sumur itu sudah ditutup. Dulunya, air dulu sumur itu sering dipakai untuk menyiram taman di istana. Namun, akhirnya ditutup.

“Sudah ditutup lama itu. Terus dibangun  pos di dekat situ, biar paspampres enggak jaga sendirian mungkin. Bisa beberapa orang,” kata dia sambil tersenyum.

Namanya juga cerita mistis dari mulut ke mulut. Boleh percaya, boleh tidak. Dulu saat Presiden Gus Dur masuk ke Istana Merdeka, sempat disebutkan ia sudah membersihkan tempat itu dari segala jenis mistis dan hantu. Gus Dur dan keluarga juga santai menginap di istana tersebut.

JPNN juga mengonfirmasi soal cerita mistik itu pada Kepala Biro Pengelolaan Istana, Wahyuni Saptatinah. Namun, wanita yang sudah 30 tahun mengabdi di istana itu mengaku tak pernah merasakan adanya cerita-cerita mistis tersebut.

“Biasa lah cerita dari mulut ke mulut. Tapi saya selama kerja di sini enggak pernah alami itu atau dengar itu,” kata wanita berjilbab yang akrab disapa dengan nama panggilan Bu Ade itu.

Meski begitu, Ade mengaku percaya bahwa dunia mistis itu pasti ada walau tidak mengalami langsung. “Namanya bangunan tua. Tapi saya percaya namanya mistis itu ada. Tapi saya enggak pernah alami, saya tidak tahu kalau ada yang lain alami itu,” kata Ade.(flo/jpnn)

loading...

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ACHI HARDJAKUSUMAH Rindu Masuk Hutan

PEREMPUAN berparas lembut yang sebelumnya ...