Home » POLITIK » Hari Ini BEM Gelar Aksi 121 Serentak, Kritisi Kebijakan Pemerintah Tindas Rakyat

Hari Ini BEM Gelar Aksi 121 Serentak, Kritisi Kebijakan Pemerintah Tindas Rakyat

Ribuan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia akan melakukan unjuk rasa serentak dari Sabang sampai Merauke, hari ini.

Di Jakarta, seluruh BEM dari Jabo­detabek telah bersiap unjuk rasa di depan Gedung DPR dan Istana Negara, Kamis (12/1). Mereka me­namai gerakannya sebagai Aksi Bela Rakyat 121 soal kenaikan harga cabai hingga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Di Indonesia, ada 19 titik aksi bela rakyat digelar. Ke-19 dae­rah yang akan menggelar aksi besar-besaran tersebut yakni

Di Aceh, Padang, Riau, Jambi, lampung dan Bangka Belitung. Selanjutnya, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya. Kemudian Samarin­da, Banjarmasin, Pontianak. Disusul Mataram, Gorontalo dan Merauke.­

Sementara itu, khusus di Jakarta akan dipusatkan di Istana Negara dengan meng­umpulkan massa dari wilayah Jabodetabek. Di Bogor, BEM dari Institut Pertanian Bogor (IPB) juga sudah bersiap-siap hadir dalam aksi 121.

Ketua BEM KM IPB Panji Lak­sono mengatakan, pihaknya akan mengkritisi kebijakan pemerintah yang saat ini ti­dak pro kepada masyarakat kecil. Mulai dari kenaikan BBM, pajak BPKP serta beberapa kebijakan lainnya. “Atas dasar itulah kami akan turun besok (hari ini, red) untuk mem­bela masyarakat Indonesia yang tertindas atas kebijakan pemerintah ini,” ujarnya saat dihubungi Metropolitan.

Panji mengaku pihaknya akan bergabung dengan teman-teman mahasiswa lainnya di Jakarta. Sedang­kan untuk beberapa daerah lainnya telah ditentukan lo­kasinya sesuai tempat-tempat pemerintahan. “Titik kumpul sesuai kesepakatan di Jakarta,” terangnya.

Untuk massa yang akan dibawa Panji, ia belum men­getahuinya. Sebab, ia belum mendapat konfirmasi dari teman-temannya yang akan ikut aksi tersebut. “Saya belum dapat konfirmasi dari teman-teman. Tetapi yang jelas kami berangkat dari mahasiswa IPB Diploma dan S1,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, rencana aksi mahasiswa akan digelar pagi ini pukul 09:00 WIB. Ia mengaku pihaknya sudah menerima pemberita­huan dari koordinator aksi. Massa yang akan ikut pun berjumlah sekitar seribuan. Ia mengatakan, pihaknya akan mengawal dan mengamankan aksi tersebut. “Anggota sudah diplot di posisi masing-mas­ing. Diharapkan semua aman dan aktivitas masyarakat juga berjalan lancar,” lanjutnya.

Argo tak meyebutkan jumlah personel yang dikerahkan. Na­mun dia memastikan bahwa personel yang diturunkan seimbang dengan jumlah massa. “Semua dari PMJ dan jajaran kita turunkan. Untuk pengaturan lalin juga ang­gota yang di lapangan akan mengarahkan jalur jika terjadi kemacetan,” imbuhnya.

Sementara itu, Argo mengim­bau massa agar tidak melaku­kan tindakan berbuat rusuh. Massa pun dilarang melaku­kan aksi bakar ban. “Dilarang membawa benda berbahaya seperti senjata tajam, nar­kotika dan lain-lain. Bakar ban pun tidak boleh,” tandas Argo.

(mam/c/de/feb/run/metropolitan)

loading...

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mendagri Diminta Turun Tangan, Dana Pilkada Hanya Untuk 29 Daerah

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  meminta ...