Home » UTAMA » Bela Negara Di Lebak Tidak Melalui Prosedur Yang Benar

Bela Negara Di Lebak Tidak Melalui Prosedur Yang Benar

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menjelaskan pelatihan bela negara yang dilakukan bersama dengan organisasi keagamaan Front Pembela Islam (FPI) pernah digelar oleh TNI di Madura pada Maret 2014 lalu. Meski demikian, kegiatan bela negara di Madura sangat berbeda dengan di Lebak, Banten.

Kegiatan bela negara dengan ormas FPI di Madura telah sesuai dengan prosedur, tidak seperti yang terjadi di Lebak, Banten, yang berujung pada pencopotan Komandan Kodim (Dandim) 0603 Lebak, Banten Letkol Czi Ubaidillah.

Letkol Ubaidillah dicopot lantaran tak melapor ke pimpinan atas kegiatan bela yang digelarnya sendiri.

Panglima menegaskan bela negara memang menjadi hak setiap warga negara. Namun, harus dilakukan dengan prosedur yang tepat. Selain itu, kegiatan tersebut harus memiliki pencapaian yang ditargetkan.

Menurut panglima, kegiatan tersebut seharusnya dilaporkan ke pimpinan dan tidak dibuat atas kemauan sendiri. Sebab dalam kegiatan bela negara, TNI memiliki silabus sendiri. Mantan KSAD ini juga mengingatkan agar kejadian di Lebak tidak terulang kembali.

“Prosedurnya harus benar, Koramil melapor kepada Dandim, Dandim kepada Danrem. Itu tidak dilalui, semaunya saja, bukan koramil ajukan sendiri tanpa laporan. (Kegiatan) ada silabusnya, laporan kesehatan, dan ada sesuatu yang harus dicapai, jadi tidak sembarangan,” tegas panglima di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (11/1).

Sebelumnya Dandim 0603 Lebak, Banten, Letkol Czi Ubaidillah dicopot dari jabatannya lantaran memberikan pelatihan bela negara bersama dengan sejumlah anggota FPI.

Ubaidillah dicopot lantaran tidak melaporkan kegiatan tersebut kepada pimpinannya. Keputusan itu berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan Kodam III Siliwangi terkait tata cara pelatihan bela negara yang diberikan Kodim 0603 Lebak bersama FPI pada 05 Januari lalu.

“Dia harus melaporkan kepada pimpinan, Koramil melaporkan kepada Dandim, dan Dandim kepada Danrem. Ya kan itu dilalui, jadi jangan semaunya saja,” tegas Panglima. [ian/RMOL]

loading...

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pesan Dahlan Iskan Usai Vonis

SIDOARJO – Majelis hakim menjatuhkan ...